Sukses


7 Alasan Rio Haryanto Jadi Idola dan Disukai Kaum Hawa

Bola.com, Jakarta - Setelah dipastikan tampil di Formula 1 pada 2016 bersama tim Manor Racing, nama Rio Haryanto semakin melambung. Pebalap berusia 23 itu bukan hanya menjadi idola anak muda, tapi juga digilai kaum hawa.

Rio punya basis penggemar yang besar. Pebalap asal Solo, Jawa Tengah, itu memiliki komunitas fans yang solid bernama Sahabat Rio. Mereka inilah yang menginisiasi kampanye pengumpulan dana saat Rio terganjal masalah finansial dalam usaha merebut satu kursi di Manor.

Jangan tanyakan soal pengikut Rio di media sosial. Jumlah penggemar Rio di dunia maya bahkan lebih banyak daripada beberapa pebalap yang sudah lebih berpengalaman di lomba jet darat!

Mengapa Rio begitu dicintai para penggemarnya? Berikut beberapa alasan yang membuat Rio pantas dijadikan sebagai panutan kaum muda di Indonesia versi Bola.com.

1. Berprestasi

Prestasi Rio Haryanto di lintasan balap tak perlu diragukan lagi. Dia sudah menunjukkan punya bakat istimewa sejak masih belia.

Rio selalu menorehkan prestasi di setiap ajang balap yang diikuti, baik di level nasional hingga internasional. Kompetisi balap tingkat Asia, Eropa, hingga dunia (GP3 dan GP2) sudah ditaklukkan Rio. Dia membuat Indonesia bangga dengan mengibarkan bendera Merah-Putih di puncak tiang tertinggi di penjuru dunia.

Puncaknya, Rio menjadi pebalap Indonesia pertama yang tampil di F1. Meski sudah mewujudkan cita-cita masa kecilnya untuk beradu kecepatan dengan para pebalap top dunia, Rio belum ingin berhenti. Dia ingin terus melangkah maju sampai meraih impian tertinggi semua pebalap, yaitu menjadi juara dunia Formula 1.

2 dari 4 halaman

1

2. Berwajah Tampan

Sebagai pebalap, Rio Haryanto memiliki nilai plus. Putra pasangan Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati itu dianugerahi Tuhan wajah yang tampan.

Tak heran jika Rio laris manis sebagai bintang iklan aneka produk dari perawatan wajah sampai perangkat elektronik. Wajah gantengnya juga kerap terlihat berseliweran di berbagai media, baik televisi, cetak, dan elektronik.

Berprestasi ditambah memiliki kelebihan fisik, wajar jika banyak Kaum Hawa yang tergila-gila kepada pengidola Ayrton Senna itu. Rio tak pernah mengumbar kehidupan asmaranya kepada publik. Namun, wanita di luar sana sepertinya mesti gigit jari karena kabarnya Rio sudah memiliki tambatan hati.

3. Religius

Punya berbagai kelebihan tak membuat Rio Haryanto lupa kepada Sang Pencipta. Justru dengan segala kelebihan yang dimiliki, dia malah semakin dekat dengan Tuhan.

Rio adalah seorang muslim yang saat. Dia selalu berusaha tak meninggalkan kewajiban salat lima waktu dan puasa Ramadan meski sedang berkompetisi. Bahkan dituturkan sang bunda, Indah Pennywati, Rio juga rajin shalat tahajud dan berzikir.

Rio selalu mengingat Sang Khalik di mana pun dia berada, termasuk saat balapan. Buktinya, dia selalu menempel ayat kursi pada mobilnya dan membacanya sebelum balapan.

3 dari 4 halaman

2

4. Berbakti Kepada Orang Tua

Rio Haryanto sangat dekat dan mencintai keluarganya. Dia adalah orang yang tahu cara membalas budi kepada orang tua. Saat sudah dipastikan tampil di Formula 1, orang pertama yang ada dalam pikirannya adalah orang tuanya.

"Saya bersyukur bisa memiliki anak yang berbakti dan berprestasi seperti Rio. Karena itu, saya rela melakukan apa saja agar dia bisa meraih mimpinya sebagai pebalap F1," kata sang bunda, Indah Pennywati, yang selalu mendampingi Rio saat balapan di berbagai belahan dunia.

Saat kuliah di Singapura, Rio mengambil jurusan manajemen bisnis. Setelah pensiun, dia berniat melanjutkan meneruskan usaha sang ayah yang memiliki perusahaan alat tulis Kiky.

5. Dermawan

Rio Haryanto merupakan sosok dermawan dan punya jiwa kepedulian sosial yang tinggi. Dia memiliki pondok pesantren dan panti asuhan yang terletak di kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah.

"Pesantren itu sudah berdiri cukup lama, sejak 2003. Sekarang santrinya ada sekitar 80. Di sana ada banyak fasilitas seperti TK dan SD. Saya ingin potensi mereka bisa terasah dengan memanfaatkan fasilitas yang tersedia untuk kegiatan positif," kata Rio.

Rio juga begitu menghargai dukungan fansnya. Dia selalu menyempatkan menghadiri kegiatan yang dilaksanakan Sahabat Rio. Kalau pun tak bisa hadir, dia akan mengirimkan video atau pesan hangat buat para penggemar. Selain itu, Rio tak pernah menolak untuk menemui penggemar yang datang ke rumahnya serta mengajak berfoto atau meminta tanda tangan.

4 dari 4 halaman

4

6. Punya Semangat Pantang Menyerah

Rio Haryanto punya semangat pantang menyerah yang sangat tinggi. Hal itu diakui oleh Menpora dan Direktur Utama PT. Pertamina. Saat balapan gokar saat masih belia, dia pernah kecelakaan. Namun, Rio mampu bangkit hingga akhirnya menjadi pebalap F1.

Saat mengalami kesulitan dana untuk masuk ke F1, Rio kembali memperlihatkan spiritnya. Dia tak segan berusaha mencari bantuan dari berbagai pihak. Bahkan, meski beberapa kali hanya mendapat janji-janji manis tak menyurutkan semangat pebalap tim Manor Racing itu.

"Keinginan kuat itu bisa menjadi dasar untuk berusaha dalam mewujudkan mimpi. Kuncinya adalah disiplin, pantang menyerah, serta selalu ingat kepada Sang Pencipta dan juga keluarga," kata Rio.

7. Cinta Tanah Air

Rio Haryanto bangga menjadi orang Indonesia. Dia sudah beberapa kali mengungkapkan salah satu motivasi terbesarnya dalam setiap balapan adalah demi mengibarkan bendera Merah-Putih di puncak tiang tertinggi dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya di negeri orang.

Bahkan, pernah ada rumor Rio mendapat tawaran untuk menjadi warga negara dari negara tetangga dengan imbalan mendapat bantuan finansial. Namun, dia menolak mentah-mentah tawaran tersebut demi tetap membawa nama Indonesia.

"Tampil di Formula 1 itu bukan hanya untuk kepentingan saya, tapi demi Indonesia. Banyak keuntungan yang didapatkan bangsa ini jika punya wakil di Indonesia," tutur Rio Haryanto.

Video Populer

Foto Populer