Sukses


Melintir Saat Debut Tes F1, Rio Haryanto: Saya Masih Belajar

Bola.com, Barcelona - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, sempat mengalami insiden kecil saat melakoni debut tes F1 di Barcelona, Spanyol, Rabu (24/2/2016). Menurut Rio, melakukan kesalahan pada kesempatan pertama merupakan hal yang wajar.

Mobil Manor MRT05 yang dikendarai Rio melintir di tikungan kelima Sirkuit Barcelona-Catalunya dan keluar trek 30 menit sebelum sesi pagi berakhir. Kejadian itu memicu keluarnya bendera merah yang membuat sesi tes dihentikan sementara untuk memindahkan mobil Rio ke garasi tim Manor Racing.

"Saya masih belajar. F1 sangat berbeda dengan GP2. Orang-orang yang berada di dalamnya lebih banyak dan sangat serius. Tim telah mengerahkan kemampuan terbaik dan berkat mereka saya mampu tampil bagus. Semoga tes hari kedua nanti performa saya bisa lebih baik lagi," kata Rio setelah tes seperti dilansir formulaspy.com.

Saat insiden terjadi, Rio sedang berusaha membuat waktu terbaik di sektor 1. Namun, mobil Rio hanya mengalami kerusakan minor dan pebalap berusia 23 tahun itu tetap bisa ambil bagian pada sesi sore.

Rio mengambil pelajaran dari kesalahan yang dilakukannya. Pada sesi siang, Rio menjalani tes dengan mulus. Rio mengakhiri tes di posisi ke-12 dengan catatan waktu terbaik 1 menit, 28,249 detik dan melahap 78 lap.

Meski menempati posisi buncit, tapi catatan statistik Rio sudah cukup lumayan untuk ukuran debutan. Dia lebih cepat dari rekan setimnya, Pascal Wehrlein. Pada tes hari pertama, Wehrlein membukukan 1 menit, 28,292 detik. Rio membukukan waktu tercepatnya menggunakan ban medium, sedangkan Wehrlein ban soft. Pebalap asal Jerman itu pun cuma melahap 54 lap.

Membuat catatan waktu terbaik sepertinya bukan fokus utama Rio pada tes pertamanya. Dalam tes tersebut, dia lebih sering memakai ban keras dan medium serta melakukan long run

Melihat jumlah lap yang dibukukan, Rio berhasil menjalani simulasi lomba dengan mulus. Sebagai catatan, GP Catalunya berdurasi 66 lap. Artinya, mobil Manor terbukti andal dan punya daya tahan yang baik. Selain Rio menambah jam terbang, tim Manor juga bisa mengumpulkan banyak data penting.

"Saya hanya membuat kesalahan kecil, itu saja. Mobil tak rusak parah jadi kami bisa tetap mengikuti sesi sore. Saya senang bisa kembali beraksi dan menjalani hari yang produktif. Jumlah lap saya dalam sehari lebih banyak dari yang dilakukan Pascal. Jadi hal ini baik buat saya dan juga tim," ujar Rio Haryanto.

Video Populer

Foto Populer