Sukses


Kemenpora Gandeng IMI Galang Dana buat Rio Haryanto

Bola.com, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) terus berusaha mencari cara untuk membantu pebalap Indonesia, Rio Haryanto, yang masih kekurangan dana untuk tampil semusim penuh di Formula 1 (F1) 2016.

Dalam waktu dekat, Kemenpora akan melakukan penggalangan dana yang melibatkan seluruh masyarakat Indonesia. Untuk acara ini, Kemenpora bakal menggandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI. 

Rencana tersebut disampaikan Kepala Komunikasi Publik Kemenpora Gatot S. Dewa Broto yang ditemani Deputi I Bidang Pemberdayaan Pemuda Yuni Poerwanti, Deputi II Bidang Pengembangan Pemuda Sakhyan Asmara, Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Faisal Abdullah, dan Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Djoko Pekik Irianto, kepada media di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (1/3/2016) Sore.

Dalam konferensi pers itu hadir pula Ibunda Rio, Indah Pennywati, dan Ketua IMI DKI, Alfonsus Judiarto.

"Kami tak boleh membiarkan Rio memikirkan sisa dana yang harus dicari. Biarkan dia fokus dan berkonsentrasi dalam mempersiapkan diri menyambut balapan pertama F1," kata Sakhyan seperti dilansir situs resmi Kemenpora.

Menurut rencana, kegiatan penggalangan dana untuk Rio akan dilakukan dalam bentuk pembuatan dan penyebaran stiker di fasilitas publik, menggelar malam penggalangan dana dan aksi solidaritas, serta mengupayakan setiap media memberitakan rangkaian acara tersebut.

Kegiatan akan dimulai dengan soft launching di Kantor Kemenpora pada Senin (7/3/2016). Sementara acara seremonial baru dilakukan pada Kamis (10/3/2016).

"Saya sudah kenal Rio sejak kecil sampai sekarang menjadi pebalap F1. Karena itu, saat pekan lalu pihak Kemenpora menghubungi saya untuk memprakarsai ide penggalangan dana ini sebagai motor penggerak, saya langsung menyanggupinya. Di sini saya murni membantu Rio tanpa ingin mencari keuntungan apapun,” ujar Judiarto.

Gatot menambahkan Kemenpora tetap mencari alternatif lain untuk mendapatkan dana buat Rio. "Bisa lewat APBN, Kementerian lain seperti Kemenpar dan BUMN, atau pihak swasta," katanya.

Indah mengaku senang dan menyambut baik program Kemenpora dan IMI DKI. Dia berharap kegiatan ini bisa membantu Rio membayar kekurangan dana yang harus disetor kepada Manor Racing sebesar 7 juta euro.

"Terima kasih atas perhatian Kemenpora dan IMI DKI kepada Rio. Sampai saat ini, kami belum mendapatkan sponsor. Memang sudah ada yang mengontak kami. Rencananya kami akan menemui pihak-pihak yang berminat jadi sponsor itu dalam waktu dekat," ujar Indah.

Video Populer

Foto Populer