Sukses


Sebastian Vettel Kritik Pengelola F1 Soal Aturan Baru Kualifikasi

Bola.com, Barcelona - Pengelola F1 pekan lalu mengeluarkan wacana bakal mengubah aturan babak kualifikasi di ajang F1 2016. Pebalap tim Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel, secara terbuka mengkritik ide tersebut dan menyebut para pengelola F1 sedang mengalami krisis, terutama soal kepemimpinan.

Baca Juga

“Saya adalah salah satu orang yang tak suka dengan format kualifikasi baru tersebut. Saya rasa semua pebalap juga tak ada yang suka. Kami tak tahu apa yang salah dengan format lama dan kenapa harus diubah,” kata Vettel seperti dikutip crash.

Isu ini kemudian melebar. Vettel menuding para pengelola F1 sedang mengalami krisis kepemimpinan. Menurutnya, perubahan yang direncanakan akan terjadi di sesi kualifikasi itu bisa memicu kritik dan chaos.

“Ide itu diumumkan hanya dua minggu sebelum musim baru dimulai. Kalau keputusan tersebut diumumkan sedemikian mepet dengan waktu lomba pertama, wajar kalau ada anggapan pengelola F1 sedang mengalami krisis kepemimpinan,” ucap juara dunia empat kali berturut-turut di periode 2010-2013 ini.

Pebalap asal Jerman itu mengungkapkan pengalamannya sejak mengawali karir di ajang gokart. Ia berpendapat, perubahan aturan dengan cara yang ekstrim selalu menimbulkan chaos dan kritik.

“Sangat penting untuk kembali ke esensi sport. Pada akhirnya, pebalap tercepat akan tampil bersama dengan tim terkuat,” ujar Vettel.

Bersama tim Ferrari, Sebastian Vettel akan mengawali musim F1 2016 di sirkuit Albert Park, Melbourne, pada 20 Maret.

 

Video Populer

Foto Populer