Sukses


F1 GP Bahrain: Rio Haryanto Sebut Mobil Manor Makin Kompetitif

Bola.com, Sakhir - Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, menempati posisi paling belakang dalam sesi latihan bebas pertama (FP1) dan kedua (FP2) F1 GP Bahrain, di Sirkuit Sakhir, Jumat (1/4/2016) malam. Meski demikian, pria asal Solo, Jawa Tengah, tersebut menilai mobil MRT05 lebih kompetitif dan semakin memangkas gap dengan tim-tim lainnya.

Pada sesi latihan bebas pertama, Rio mencatat waktu lap terbaik 1 menit 37,714 detik dan menempati posisi paling belakang. Rekan setimnya, Pascal Wehrlein, tampil lebih baik dan berada di posisi ke-17, dengan catatan waktu 1 menit 36,371 detik.

Catatan waktu keduanya bertambah tajam pada sesi latihan bebas kedua. Rio masih berada di posisi buncit dengan catatan waktu 1 menit 34,562 detik. Sedangkan Pascal Wehrlein berada di urutan ke-19, dengan membukukan catatan waktu 1 menit 33,953 detik.

Meski berada di posisi paling belakang, Manor mulai bisa bersaing dengan pebalap tim papan tengah, yaitu Sauber. Padahal, Manor belum menggunakan ban berkompon paling lunak 

"Kami mencoba banyak hal di mobil dan saya rasa kami melakukan tugas dengan baik. Kami memangkas gap dengan tim-tim lain. Saya rasa kami belum pernah sedekat ini dengan tim-tim lain sebelumnya. Jadi ini hari yang luar biasa, kami mengetes banyak hal dan kami punya potensi untuk berkembang lagi," kata Rio, seperti dilansir Formula Spy

Namun, jika dibandingkan dengan pebalap tercepat pada latihan bebas kedua, catatan waktu Rio memang masih terpaut lebih dari dua detik. Duo pebalap Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton, mengusai posisi pertama dan kedua pada FP2. Rosberg mengukir waktu 1 menit 31,001 detik, adapun Hamilton 1 menit 31,242 detik. Tapi, Rio sama sekali tak risau. Dia puas setelah mobilnya makin bagus dibanding pada seri pertama di Melbourne. 

“Saya senang dengan pendekatan yang kami lakukan sejauh ini. Hal ini merefleksikan kinerja kami setelah Melbourne,” kata Rio Haryanto, dalam rilis Manor Racing.

“Ini juga menunjukkan seberapa cepat kami bisa meningkatkan performa mobil hanya dengan beberapa perubahan di sini dan sana,” imbuh pria yang mengidolakan Ayrton Senna tersebut. 

Rio berharap hasil positif pada latihan bebas pertama dan kedua ini bisa berlanjut pada sesi berikutnya. Sesuai jadwal, pada Sabtu (2/4/2016), seluruh pebalap bakal menjalani sesi latihan bebas ketiga dan kualifikasi.

“Saya sangat menikmati sirkuit ini. Melaju di bawah lampu-lampu sangat mengesankan. Ini langkah pertama yang bagus dan semoga besok lebih baik lagi,” ujar Rio Haryanto.

Video Populer

Foto Populer