Sukses


Ibunda Ungkap Kegundahan Hati Rio Haryanto

Bola.com, Jakarta - Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, menyatakan problem pembayaran dana ke Manor yang belum beres tetap memengaruhi sang putra yang sedang berkiprah di ajang Formula 1 (F1) 2016. Meski tak secara lugas mengungkapkan kegundahannya, sang putra kerap menanyakan perkembangan pencarian sponsor melalui pesan singkat.

Rio Haryanto masih harus menyetor senilai 7 juta euro (Rp 107 miliar) supaya bisa tampil semusim penuh memperkuat tim F1 Manor Racing. Batas akhir pembayaran ke Manor seharusnya pada 1 April 2016.

Hingga saat ini manajemen Rio belum bisa membayar atau menetapkan tanggal pelunasan. Nasib Rio di Manor menjadi tidak pasti. Jika gagal membayar, GP Inggris pada 10 Juli kemungkinan bakal menjadi balapan terakhir Rio di F1 musim ini. 

Indah mengatakan meski direcoki persoalan dana, Rio tetap berusaha fokus ke balapan. Pekan ini, pebalap asal Solo, Jawa Tengah, tersebut bakal kembali turun ke lintasan di F1 GP Monako. Namun, Indah tak membantah putranya terpengaruh oleh ketidakjelasan statusnya di Manor.

"Kalau berkeluh kesah tidak pernah. Paling Rio kirim WA (WhatsApp) tanya bagaimana sudah ada sponsor tambahan atau belum. Ya, saya jawab belum ada perkembangan," beber Indah, saat dihubungi bola.com, Senin (23/5/2016).  

Indah mengatakan kali terakhir Rio menanyakan perkembangan sponsor lima hari lalu. Saat itu, orang tua dan manajer sudah kembali ke Indonesia seusai mendampingi sang pebalap pada seri F1 GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Spanyol. "Kira-kira lima hari lalu tanya lagi soal sponsor tambahan itu, tapi memang belum ada," ujar Indah.

Hingga saat ini, Rio baru didukung satu sponsor, yaitu Pertamina. Badan Usaha Milik Negara tersebut (BUMN) tersebut telah mengucurkan dana senilai 5 juta euro (Rp 76 miliar). Namun, angka itu masih jauh dari kebutuhan dana senilai 15 juta euro (Rp 229 miliar) yang harus dibayarkan ke Manor supaya Rio bisa membalap semusim penuh di F1 2016. Manajemen Rio juga sudah merogoh kocek senilai 3 juta euro (Rp 45 miliar), sehingga kini masih kurang 7 juta euro untuk menggenapi pembayaran ke Manor.

Meski kiprahnya di F1 terancam, Indah menyatakan Rio tetap berkomitmen fokus pada balapan demi balapan yang harus dijalani. Saat ini, kekasih Sarah Noon tersebut sedang bersiap menjalani seri keenam F1 di GP Monako.

"Rio tetap fokus penuh ke balapan dan berusaha memberikan yang terbaik," kata Indah. 

 

Video Populer

Foto Populer