Sukses


F1 GP Baku: Nico Rosberg Juara, Rio Haryanto Posisi Ke-18

Bola.com, Baku - Pebalap Mercedes GP, Nico Rosberg, keluar sebagai juara balapan F1 GP Baku, Sabtu (19/6/2016). Sementara itu, rider Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, finis pada posisi ke-18 setelah mengalami insiden pada awal balapan.

Rosberg mengungguli pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, yang finis kedua. Posisi ketiga ditempati pebalap Force India, Sergio Perez.

Nasib apes dialami Rio. Pebalap berusia 23 tahun itu sudah harus masuk pit pada lap pertama karena mengalami kerusakan pada sayap depan. Peluang untuk mendapatkan hasil lebih baik pun melayang. Padahal Rio memulai balapan kali ini dari posisi ke-16, setelah Carlos Sainz Jr kena penalti lima grid. 

Sementara itu, Rosberg mengawali balapan dengan baik. Dia mampu mempertahankan posisi terdepan dari kejaran Ricciardo selepas start.  

Pada lap ke-7, Pascal Wehrlein mampu menyodok ke posisi 12. Satu lap kemudian, pebalap asal Jerman itu mampu menembus posisi ke-10. Pada lap ke-9, Wehrlein kembali naik satu posisi.

Nasib apes dialami pebalap Toro Rosso, Daniil Kvyat, pada lap ke-8. Dia harus masuk ke dalam pit dan tak melanjutkan balapan karena mengalami masalah mesin.

Pada lap ke-10, Wehrlein sempat menyalip Raikkonen untuk menduduki posisi ke-8. Sayang, hal itu tak bertahan lama. Dia kembali disalip pebalap asal Finlandia tersebut. Pada lap ke-18, posisi Wehrlein kembali melorot. Kali ini pebalap berusia 18 tahun itu menempati posisi ke-14 setelah disalip duo McLaren, Fernando Alonso dan Jenson Button.

Torehan luar biasa didapat Raikkonen. Pebalap Ferrari tersebut mampu melesat hingga posisi ke-2. Padahal sebelumnya dia berada di posisi ke-11.

Pada lap ke-26, Vettel mampu menyalip Raikkonen untuk menduduki posisi kedua. Namun, mereka berdua sudah tertinggal jauh dari Rosberg yang berada di posisi terdepan.

Pada lap ke-33, Carlos Sainz Jr. harus mengakhiri balapan setelah mobilnya mengalami masalah suspensi. Mundurnya Sainz Jr membuat balapan F1 GP Baku menjadi mimpi buruk buat Toro Rosso, karena sebelumnya Kvyat juga tak bisa melanjutkan balapan.

Hal yang sama dialami Wehrlein pada lap ke-41. Mobil pebalap asal Jerman itu harus mengakhiri balapan setelah mobilnya mengalami masalah pada pengereman. Ini hasil yang buruk mengingat Wehrlein sempat menempati posisi 10 pada awal balapan.

Nasib apes juga dialami Fernando Alonso. Pebalap Mclaren itu juga harus mundur karena mengalami masalah. "Masalah pada mobil semakin buruk," ujar Alonso seperti dikutip dari akun resmi Twitter milik Crash.

Pada akhir balapan, Rosberg tetap berada di depan. Sementara Rio menduduki posisi ke-18. Posisi ini jelas hasil bagus mengingat pada awal balapan sang pebalap mengalami insiden yang membuat sayap depan mobilnya rusak. 

Berikut ini hasil lengkap balapan F1 GP Baku, Sabtu (19/6/2016):

1. Nico Rosberg Mercedes 1 jam 32 menit 52,366 detik
2. Sebastian Vettel Ferrari +16,6 detik
3. Sergio Perez Force India +25, detik
4. Kimi Raikkonen Ferrari +33,1 detik *
5. Lewis Hamilton Mercedes +56,3 detik
6. Valtteri Bottas Williams +60,8 detik
7. Daniel Ricciardo Red Bull +69,2 detik
8. Nico Hulkenberg Force India +70,6 detik
9. Max Verstappen Red Bull +77,7 detik
10. Felipe Massa Williams +85,3 detik
11. Jenson Button McLaren +1 menit 44,8 detik
12. Felipe Nasr Sauber +1 lap
13. Kevin Magnussen Renault +1 lap
14. Romain Grosjean Haas +1 lap
15. Jolyon Palmer Renault +1 lap
16. Esteban Gutierrez Haas +1 lap
17. Marcus Ericsson Sauber +1 lap
18. Rio Haryanto MRT +2 lap
Fernando Alonso McLaren Gagal finis
Pascal Wehrlein MRT Gagal finis
Carlos Sainz Jr Toro Rosso Gagal finis
Daniil Kvyat Toro Rosso Gagal finis

Video Populer

Foto Populer