Sukses


Rio Haryanto Beberkan Rahasia Kecanggihan Mobil F1

Bola.com, Jakarta - Jet darat F1 merupakan mobil tercanggih di dunia. Menciptakan mobil F1 yang kompetitif membutuhkan proses yang amat rumit.

Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, menyebut mengelola tim F1 ibarat menjalankan program eksplorasi pesawat ruang angkasa. Setiap lekukan yang terdapat pada mobil F1 merupakan hasil riset berkelanjutan.

Rio mengatakan para insinyur dan desainer andal harus memastikan seluruh bagian mobil memiliki fungsi. Setiap detail perlu diperhatikan demi bisa melaju 0,001 detik lebih cepat dari tim rival.

"Beda lintasan berarti beda setelan mobil, mulai dari sayap, suspensi, hingga strategi penggunaan ban," kata Rio Haryanto dalam rilis yang diterima Bola.com, Minggu (26/6/2016).

Rio juga mengungkapkan tim-tim besar rela menghabiskan dana hingga ratusan juta dolar per tahun demi menciptakan mobil juara. Namun, tak semua terobosan yang dilakukan berjalan mulus. Mobil F1 terdiri atas puluhan ribu komponen. Jika ada satu persen saja kesalahan, bisa dipastikan komponen mobil lain bakal bermasalah.

Salah satu bagian utama dari mobil F1 adalah sayap depan dan moncong. Bagian tersebut merupakan komponen yang pertama menabrak aliran udara saat jet darat sedang melaju. Karena itu, hidung dan sayap depan memegang peranan penting dalam mengatur efisiensi aerodinamika mobil secara keseluruhan.

Komponen aerodinamika yang bagus menjadi salah satu faktor yang membuat mobil melaju lebih cepat di lintasan. Sayap depan menghasilkan downforce supaya mobil bisa lebih cepat di tikungan, sedangkan moncong membantu mengurangi drag yang bisa menahan laju mobil di trek lurus.

"Saking vitalnya, jika komponen sayap depan dan moncong diubah, seluruh bagian mobil F1 yang ada di belakang juga memerlukan penyesuaian," ujar Rio Haryanto.

Berikut penjelasan nama dan fungsi komponen sayap depan dan moncong mobil F1 versi Rio Haryanto:

1. SENSOR INFRARED: Digunakan untuk memantau performa ban.

2. MAIN PLANE: Bagian utama sayap depan yang memanjang ke kedua sisi.

3. FLAPS: Elemen tambahan dari main plane. Setiap tim punya jumlah flaps yang berbeda-beda.

4. CONNECTOR: Penghubung antar elemen sayap supaya posisinya tetap stabil.

5. NOSE CONE: Bagian hidung mobil yang juga berperan terhadap sisi keselamatan pebalap. Bagian ini menjadi filter pertama saat mobil menabrak sesuatu dari sisi depan.

6. CAMERA HOUSING: Tempat dipasangnya camera onboard. Tak semua tim memiliki kamera di bagian ini.

7. PYLON: Penyangga antara hidung dan main plane.

8. ENDPLATE: Bagian vertikal yang menjadi batas sisi luar elemen sayap depan.

9. CASCADE: Elemen yang dapat berdiri sendiri di atas elemen di bawahnya. Bisa juga menempel ke sisi dalam endplate.

10. ADJUSTER: Pengatur sudut kemiringan sayap.

11. STRAKES: Sirip-sirip yang berada di bawah sayap depan. Bisa memanjang ke belakang dan menempel ke beberapa elemen di atasnya.

12. VENTURI CHANNEL: Komponen yang berfungsi untuk memanfaatkan tekanan udara buat menghasilkan downforce tambahan dengan drag minim.

Video Populer

Foto Populer