Sukses


Tak Capai Batas Waktu Kualifikasi, Rio Tetap Diizinkan Membalap

Bola.com, Budapest - Rio Haryanto bersama 10 pebalap lainnya tetap diizinkan membalap di GP Hungaria, Minggu (24/7/2016), meskipun tak memenuhi limit waktu kualifikasi. Kelonggaran diberikan setelah mempertimbangkan kondisi khusus saat kualifikasi yang direcoki hujan dan sejumlah insiden. 

Sesuai aturan FIA di Artikel 35.1 disebutkan 'Sepanjang Q1 (kualifikasi pertama), setiap pebalap yang waktu lap terbaiknya di luar 107 % dari waktu tercepat yang tercipta, atau yang gagal mencatatkan waktu, tak diizinkan berpartisipasi pada balapan'.  Namun, peraturan ini diabaikan setelah ada 11pebalap yang gagal memenuhi batas kualifikasi. Waktu minimum 107% dari Q1 adalah 1 menit 39,883 detik.

Selain Rio Haryanti, pebalap yang tak memenuhi aturan tersebut adalah Daniel Ricciardo, Max Verstappen, Nico Hulkenberg, Valtteri Bottas, Sergio Perez, Jolyon Palmer, Felipe Massa, Kevin Magnussen, Marcus Ericsson, dan Pascal Wehrlein. 

"Di bawah kondisi khusus, serta mempertimbangkan catatan waktu yang bagus pada sesi latihan bebas, steward menginzinkan para pebalap tetap ikut balapan," tulis pernyataan resmi FIA, seperti dilansir Autosport

Dengan keputusan ini, tak akan ada perubahan grid saat balapan di Sirkuit Hungaroring malam ini. Pebalap Manor Racing, Rio Haryanto, akan tetap menempati posisi ke-22, sedangkan rekannya, Pascal Wehrlein, strart dari urutan ke-21. Posisi pertama dan kedua ditempati duo pebalap Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton.  

Babak kualifikasi GP Hungaria sempat ditunda selama 20 menit karena hujan deras mengguyur kawasan Sirkuit Hungaroring. Masalah tak lantas selesai begitu saja ketika hujan reda. Saat babak kualifikasi berlangsung, ada empat insiden yang menyebabkan bendera merah keluar empat kali. Akibatnya, para pebalap kesulitan mencatatkan waktu terbaik karena kualifikasi berhenti empat kali.

 

 

Video Populer

Foto Populer