Sukses


Kekhawatiran Rossi dan Lorenzo soal Sirkuit Baru di MotoGP 2016

Bola.com, Jakarta - Ajang MotoGP 2016 akan memakai satu sirkuit baru, yaitu Red Bull Ring di Austria. Tempat itu bakal dipakai pada 14 Agustus, setelah semua rider mendapat jeda libur yang cukup lama usai menjalani MotoGP Jerman, 17 Juli.

Sebelum dipakai, sejumlah pebalap sudah sempat menjajal sirkuit yang juga dipakai untuk menggelar balapan F1 itu. Duet Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa lebih dulu menjajal lintasan tersebut memakai motor produksi massal pada pertengahan Juni.

Sementara pebalap lain mencoba sirkuit itu pada tes MotoGP yang digelar setelah seri MotoGP Jerman. Pada sesi tes itu, pebalap yang memakai motor Ducati tampil dominan.

Duet pebalap Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, menyimpan kekhawatiran yang berbeda soal sirkuit tersebut. Mereka kini tercecer di klasemen sementara karena tertinggal dari Marquez.

"Ada dua hingga tiga tikungan yang sangat berbahaya buat MotoGP karena jarak tembok yang terlalu dekat, khususnya untuk mengerem," kata Lorenzo, sang juara dunia bertahan MotoGP seperti dikutip motorsport.

Tikungan dua dinilai Lorenzo menjadi titik paling berbahaya.

"Kami bisa mencapai kecepatan 350 km/jam sebelum masuk tikungan itu. Jarak tembok yang terlalu dekat bisa menjadi hal yang sangat berbahaya," kata Lorenzo.

Sementara Rossi punya kekhawatiran lain. The Doctor menyebut peluang Yamaha cukup berat untuk menang di Red Bull Ring.

Dalam dua hari tes yang sempat dilakoni sejumlah pebalap, duet rider pabrikan Ducati mampu unggul. Pada hari pertama, tes dikuasai Andrea Dovizioso. Sementara di hari kedua giliran Andrea Iannone jadi yang tercepat.

"Ducati akan membuat kerja kami menjadi lebih sulit. Red Bull Ring adalah trek yang sangat cepat. Bukan trek terbaik buat kami dan Yamaha M1," kata Rossi.

Pebalap berjuluk The Doctor itu berada di posisi ketiga dalam tes tersebut. Namun potensi kesulitan masih bisa bertambah lantaran pabrikan Honda yang diperkuat Marquez dan Dovizioso tak ikut turun dalam tes.

"Sangat penting untuk mengetahui potensi kompetitor lain, karena beberapa diantaranya tak tampil dalam tes. Dibandingkan rival lain, kami tak ketinggalan terlalu jauh. Naun ada sejumlah rival yang tampil sangat cepat sejauh ini," ungkap Rossi.

Saat ini Marc Marquez memimpin klasemen sementara MotoGP dengan 170 poin. Adapun Jorge Lorenzo berada di posisi kedua (122) diikuti Valentino Rossi (111).

Video Populer

Foto Populer