Sukses


Tim Rio Haryanto Setuju Usul Pembatasan Bujet di F1

Bola.com, Jakarta - Makin tingginya bujet yang dikeluarkan oleh tim yang berkompetisi di ajang F1 membuat wacana untuk pembatasan bujet mengemuka. Tim Manor Racing, yang menurunkan pebalap Indonesia Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein, termasuk yang setuju dengan usulan tersebut.

"Hampir semua tim menyediakan bujet yang tidak dibatasi. Mereka selalu menemukan cara untuk membelanjakan dana," kata pemilik tim Manor, Stephen Fitzpatrick seperti dikutip autosport.

Lantaran dana yang terbatas, tim papan bawah macam Manor sulit bersaing untuk mendapatkan poin jika tak ada kejadian di luar dugaan saat balapan. Sejauh ini Manor mendapatkan satu poin setelah Wehrlein finis di posisi 10 di GP Austria, yang digelar dalam kondisi hujan dan banyak pebalap yang gagal finis.

"Kalau kita mau pendanaan yang berkelanjutan, maka keuangan itu juga harus berkelanjutan buat fans, tim, dan pemilik sirkuit. Kita harus melihat bagaimana cara mengurangi biaya tanpa mengorbankan performa mobil," lanjut Fitzpatrick.

Bos tim Toro Rosso, Franz Tost, sepakat soal pembatasan bujet. Padahal ia merasa Red Bull sebagai tim induk Toro Rosso, pasti tak setuju soal hal ini.

"Tim pabrikan besar yang kaya bisa mendapatkan banyak uang dan mereka berhak belanja. Kalau ada pembatasan, taruhlah sebesar 100 juta dollar, maka tim tak bisa melakukan pengembangan apapun dengan dana sebesar itu. Dari sisi performa, Anda akan menjadi yang terakhir. Perlu ada pembicaraan yang serius jika memang rencana pembatasan dana ini dilakukan," kata Tost.

Video Populer

Foto Populer