Sukses


Ricardo Gelael: Rio Haryanto Jangan Berhenti di Tengah Musim

Bola.com, Jakarta - Mantan pebalap nasional, Ricardo Gelael, berharap Rio Haryanto dapat melanjutkan kiprahnya pada ajang F1 musim ini. Dia menilai performa Rio terus menunjukkan kemajuan.

Seperti diketahui, nasib Rio di F1 bersama Manor Racing masih belum pasti. Dia bisa saja terdepak jika tak mampu membayar sisa dana yang diminta Manor, yaitu sebesar 7 juta euro (sekitar Rp 100 miliar).

Rio bersama manajemennya sedang bekerja keras mencari sponsor agar bisa menutupi kekurangan dana tersebut. Sayangnya, belum ada tanda-tanda masalah ini segera terselesaikan.

"Rio jangan sampai berhenti karena nama Indonesia akan rusak. Saya berharap Rio tetap bisa terus lanjut (berkiprah di F1)," ujar Ricardo kepada wartawan di sela-sela acara Tim Jagonya Ayam di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (2/8/2016).

Pria yang juga pemilik Tim Jagonya Ayam ini mengaku kecewa dengan beberapa pihak yang menuduh Rio serta Sean Gelael gagal karena tak mampu berprestasi di ajang internasional. Menurutnya, tak semua pebalap bisa langsung berprestasi pada musim pertama.

"Di motorsport itu tidak ada yang bisa langsung satu tahun. Rio dan Sean bukan Lewis Hamilton. Contohnya Niki Lauda yang tak pernah menang pada debutnya. Namun, Rio dan Sean merupakan pebalap yang menunjukkan kemajuan. Rio jelas ada kemajuan," kata Ricardo.

Pada musim perdananya di F1 dan GP2, Rio Haryanto dan Sean Gelael memang belum bisa bicara banyak. Hingga balapan ke-12, Rio belum mendulang poin maupun finis di depan rekan setimnya, Pascal Wehrlein. Namun, Rio sudah lima seri berhasil mengungguli Wehrlein pada sesi kualifikasi.

Di sisi lain, Sean juga belum tampil konsisten, karena beberapa kali gagal finis. Tapi, Sean sudah mencicipi podium, tepatnya saat finis tercepat kedua di GP2 Austria. 

Video Populer

Foto Populer