Sukses


Siapakah Esteban Ocon yang Merebut Kursi Rio Haryanto?

Bola.com, Jakarta - Manor Racing resmi memutus kontrak pebalap Indonesia, Rio Haryanto, pada Rabu (10/8/2016). Tim yang bermarkas di Inggris itu mengumumkan Esteban Ocon sebagai pengganti Rio pada paruh kedua F1 2016. Siapakah Ocon?

Ocon merupakan salah satu pebalap muda yang sedang naik daun di kancah balap dunia. Pemuda berusia 19 tahun itu punya prestasi mentereng sejak masih di level junior.

Ocon memulai karier balap dari ajang gokar pada 2006 hingga 2011. Potensi pebalap asal Prancis itu langsung tercium setelah menjuarai French Minime Championship 2007 dan French Cadet Championship setahun berselang.

Pada 2012, Ocon melakoni debut balap kursi tunggal dengan ambil bagian pada ajang Formula Renault 2.0 Eurocup dan finis di peringkat ke-14. Pencapaian Ocon meningkat pesat pada tahun kedua dengan mengakhiri musim di posisi ketiga.

Ocon naik kelas ke ajang FIA Formula 3 European Championship pada 2014. Di musim pertamanya, dia langsung jadi juara!

Melihat bakat besar Ocon, tim F1 Lotus mengundang pebalap kelahiran Evreux itu untuk ambil bagian dalam sesi latihan bebas pertama F1 GP Abu Dhabi pada 21 November 2014. Ocon kembali mendapat kesempatan mengendarai jet darat pada post race test di Barcelona bareng Force India.

Pada 2015, Ocon berkiprah di ajang GP3 Series bersama tim ART Grand Prix. Dia sukses merebut titel meski cuma meraih satu kemenangan dalam semusim. Pada musim tersebut Ocon juga menjalani peran sebagai pebalap penguji Force India.

Sebelum mengunci gelar juara GP3, Ocon resmi masuk dalam program pebalap junior Mercedes. Dia pun ditunjuk sebagai pebalap utama tim Mercedes-Benz di ajang DTM pada musim 2016 menggantikan sang juara bertahan, Pascal Wehrlein, yang promosi ke F1 bersama Manor Racing.

Di sela-sela kiprahnya di ajang DTM, Ocon juga berperan sebagai pebalap penguji Mercedes dan dipinjamkan ke Renault.

Pada 2016, Ocon tiga kali turun dalam tes resmi F1. Sekali bersama Renault di Catalunya dan dua kali bareng Mercedes di Silverstone. Dia juga empat kali tampil pada sesi latihan bebas di Catalunya, Silverstone, Hungaroring, dan Hockenheim bersama Renault.

Ocon pun diprediksi segera naik ke F1. Belakangan, dia gencar dikaitkan dengan Manor Racing untuk menggantikan Rio Haryanto yang terbelit masalah finansial. Ocon jadi kandidat kuat karena Manor dekat dengan Mercedes yang menjadi pemasok power unit mereka.

Prediksi itu menjadi kenyataan. Setelah Rio dipastikan tak bisa memenuhi pembayaran untuk membalap semusim penuh, Manor tanpa ragu memilih Ocon sebagai pengganti yang bakal turun pada sembilan seri tersisa musim ini, dimulai pada GP Belgia, 28 Agustus mendatang.

Ocon membentuk duet menjanjikan dengan Wehrlein di Manor Racing. Racing director Manor, Dave Ryan, menyebut Ocon sebagai rising star yang dinilai tepat membantu tim memenuhi target jangka pendek dan jangka panjang mereka.

Pada paruh pertama F1 2016, Rio Haryanto kalah telak dari Pascal Wehrlein saat lomba. Namun, Rio mampu mengimbangi Wehrlein pada sesi kualifikasi. Mampukah Esteban Ocon mencetak hasil yang lebih baik daripada Rio?

DATA DIRI

Nama: Esteban Ocon
Lahir: 17 September 1996 (19 tahun) di Evreux, Prancis

PERJALANAN KARIER

2007-2011

Gokar

2012

Formula Renault 2.0 Eurocup (Peringkat 14)

2013

Formula Renault 2.0 Eurocup (Peringkat 3)

2014

FIA Formula 3 European Championship (Juara)

2015

GP3 Series (Juara)

2016

Mercedes AMG DTM dan pebalap cadangan Renault

Video Populer

Foto Populer