Sukses


Ini Kesalahan Fatal Marc Marquez di MotoGP Brno

Bola.com, Brno - Saat balapan MotoGP berlangsung dalam kondisi trek yang basah, saat itulah kecermatan pebalap dalam memprediksi kondisi trek dan memilih ban menjadi hal yang menentukan. Marc Marquez salah memprediksi kondisi trek dan memilih ban yang kurang tepat dalam balapan di MotoGP Brno, Ceska, Minggu (21/8/2016). Akibatnya, Marquez yang mengawali lomba dari posisi terdepan akhirnya gagal menang.

Balapan di Brno dimulai dalam kondisi trek yang basah. Tak heran kalau pilihan ban yang diambil pebalap saat start tak sama.

Marquez termasuk yang memilih ban basah dengan kompon soft buat ban depan dan belakang. Marquez akhirnya masuk finis ketiga. Ia berada di belakang Cal Crutchlow dan Valentino Rossi yang memilih ban basah dengan kompon hard.

"Sejujurnya, saya berharap trek bisa kering dengan cepat. Alasan itu membuat saya memilih ban soft, yang artinya di akhir lomba saya mengalami kesulitan. Itu kesalahan saya," ungkap Marquez seperti dikutip Motorsport.

Prediksi Marquez soal trek memang meleset. Aspal di sirkuit Brno di beberapa bagian masih tetap basah dan kondisi itu bertahan hingga lomba hampir usai. Pebalap berjuluk The Baby Alien itu mengaku sempat berharap ada kesempatan untuk melakukan strategi flag to flag dan mengganti motor yang memakai ban slick.

Marquez pernah sukses dengan strategi flag to flag di MotoGP Jerman, Juli. Kala itu ia berhasil menjadi juara.

"Saya berharap flag to flag race, sehingga saya berusaha keras di awal lomba dan berharap bisa mengganti motor dengan ban slick. Namun trek terlalu basah. Setelah itu saya hanya berusaha untuk mempertahankan kondisi ban," kata pebalap asal Spanyol itu.

"Saya tahu Crutchlow dan Rossi memakai ban hard. Mereka menyusul ketika saya sedang kesulitan," lanjutnya.

Meski mengaku salah strategi, Marquez tak terlalu menyesal. Pasalnya selisih poinnya dengan para rival masih jauh.

"Yang terpenting dari semuanya, di kondisi basah, kering, atau flag to flag, kami tetap kuat dan konsisten. Selisih poin maksimal adalah 16 dan saya hanya kalah empat poin dari Rossi," ujar Marquez.

Pada klasemen sementara, Marc Marquez mengumpulkan 197 poin, jauh meninggalkan Valentino Rossi (144) dan Jorge Lorenzo (138).

 

Video Populer

Foto Populer