Sukses


8 Momen Terbaik Sepanjang Sejarah F1 GP Belgia

Bola.com, Spa - Balapan GP Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps kali pertama masuk kalender Formula 1 pada 1950 alias 66 tahun silam! Sejak saat itu, sirkuit di Belgia tersebut sudah beberapa kali diubah, meski bukan perombakan besar-besaran. 

Namun, berbagai perubahan itu tak mengubah status GP Belgia sebagai salah satu balapan yang selalu ditunggu-tunggu fans maupun pebalap Formula 1 (F1). 

Sirkuit yang terletak di Ardennes Forest tersebut telah menjadi saksi bisu sejumlah momen-momen menarik dan terbaik dalam sejarah F1. Apa sajakah itu?

Inilah 8 momen terbaik dalam sejarah F1 GP Belgia:  

1991: Debut Michael Schumacher 

Grand Prix Belgia pada 1991 dimenangi oleh legenda F1 asal Brasil, Ayrton Senna. Namun, momen yang paling diingat pada balapan itu adalah debut seorang pebalap asal Jerman, Michael Schumacher. 

Schumacher gagal merampungkan balapan itu. Dia mengalami masalah kopling pada lap pembuka dan harus menyingkir dari balapan. Namun, menempati posisi ketujuh pada kualifikasi dan hanya kalah 0,7 detik dari Senna sudah cukup membuat para pencinta F1 maupun para penghuni paddock.   

2 dari 5 halaman

1

1992 : Kemenangan Michael Schumacher 

Michael Schumacher hanya butuh satu tahun untuk membukukan kemenangan pertama di ajang F1, tepatnya di GP Belgia 1992. Itu merupakan yang pertama dari 91 total kemenangan sepanjang kariernya di ajang F1. 

Pebalap asal Jerman itu mengganti ban di saat yang tepat sehingga mobil Benetton miliknya melaju lebih kencang dibanding mobil-mobil McLaren dan Williams. Schumacher akhirnya menang dengan gap besar 36 detik atas rival-rivalnya. 

1995: Aksi Hebat Schumacher 

Salah satu aksi terbaik Michael Schumacher tersaji pada GP Belgia 1995. Pria Jerman tersebut start dari posisi ke-16 dan akhirnya bisa jadi juara dengan keunggulan hampir 20 detik atas sang rival, Damon Hill. 

Schumacher menghabiskan sebagian besar waktu sepanjang balapan untuk bertarung dengan Hill. Salah satu fakta yang membuat kemenangan Schumacher tampak mengagumkan adalah pilihannya menggunakan ban slick pada trek basah!

3 dari 5 halaman

2

1998: Kecelakaan Besar, 15 Detik dan 14 Mobil 

Ini merupakan salah satu kecelakaan terbesar dalam sejarah F1. David Coulthard yang menggeber mobil McLaren kehilangan kontrol mobilnya akibat hujan deras yang mengguyur sirkuit. Hal itulah yang memicu kecelakaan besar. 

Insiden tersebut total hanya berlangsung selama 15 detik. Namun, ada 14 mobil yang terkena imbasnya dan rusak. Ratusan ribu dolar AS melayang sia-sia akibat kejadian tersebut. Sebelumnya, tak pernah ada kecelakaan yang sebegitu singkat mampu merusakkan begitu banyak mobil. 

Total hanya enam pebalap yang mampu merampungkan balapan. Damon Hill memenangi balapan di depan rekan setimnya di Jordan, Ralf Schumacher. 

2000: Hakkinen Vs Schumacher 

Butuh keahlian spesial untuk menyalip Michael Schumacher, terutama di trek yang berhasil ditaklukkannya sebanyak enam kali.  Tak heran, aksi Mika Hakkinen menyalip Schumacher pada GP Belgia di musim 2000 dianggap sebagai salah satu momen terbaik di Spa-Francorchamps.

Saat balapan hanya tersisa tiga laps, Hakkinen memanfaatkan celah kecil untuk menyalip Schumacher sekaligus Ricardo Zonta dengan manuver yang menawan. 

4 dari 5 halaman

3

2004: Gelar ke-7 Schumacher 

Pertarungan mendebarkan melibatkan Kimi Raikkonen dan Michael Schumacher terjadi di GP Belgia pada 2004. Kali ini, Raikkonen yang keluar sebagai pemenang. 

Meski hanya finis kedua, Schumacher tetap berpesta di akhir balapan. Tambahan poin dari GP Belgia ini sudah cukup untuk mengantar Schumacher menjadi juara dunia untuk kali ke-7.   

2008: Drama Terakhir 

Hujan kerap menjadi pengganggu pada balapan di Spa-Francorchamps. Ketika hujan turun pada lap terakhir GP Belgia 2008, drama pun tak terelakkan.  Aksi menegangkan tersaji saat Lewis Hamilton dan Kimi Raikkonen bersaing memperebutkan posisi terdepan pada lap terakhir yang diguyur hujan, padahal sedang menggunakan ban kering! 

Hamilton berhasil finis tercepat. Namun, akhirnya dia didiskualifikasi karena dianggap melakukan aksi ilegal saat menyalip Raikkonen.  

5 dari 5 halaman

4

2012: Chaos pada Tikungan Pertama 

Balapan F1 musim 2012 benar-benar penuh drama, tak terkecuali di Spa-Francorchamps. Pebalap Prancis, Romain Grosjean meyebabkan kecelakaan mengerikan pada tikungan pertama yang melibatkan dua pebalap yang sedang bertarung memperebutkan gelar, Fernando Alonso dan Lewis Hamilton. 

Aksi Grosjean tersebut berbuntut fatal. Dia dilarang tampil pada balapan selanjutnya di Monza, Italia. 

 

Video Populer

Foto Populer