Sukses


F1 GP Italia Dalam Angka

Bola.com, Monza - Setelah balapan F1 GP Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu (28/8/2016), yang dimenangi pebalap Mercedes Nico Rosberg, para driver tak mendapat jeda panjang. Mereka harus langsung bersiap menjalani tantangan berikutnya di Sirkuit Monza, Italia, Minggu (4/9/2016). 

Monza merupakan salah satu seri klasik dalam kalender F1. Banyak momen menarik yang mewarnai sejarah balapan di sana. Tahukah Anda, bahwa hanya ada satu pebalap yang naik podium di Italia lebih banyak daripada Fernando Alonso? 

Fakta lainnya antara lain, total ada lebih dari 80 pebalap Italia yang telah bersaing pada balapan GP. Berikut ini beberapa fakta menarik balapan F1 GP Italia dalam angka: 

247

Rata-rata kecepatan kilometer/jam yang dicatatkan pebalap Ferrari, Michael Schumacher, di di sirkuit yang menjadi balapan tercepat dalam sejarah F1, yaitu GP Italia di Sirkuit Monza pada 2003. 

160

Jarak pengereman (dalam meter) yang dibutuhkan untuk memperlambat mobil F1 yang melaju dengan kecepatan 350 km/jam di akhir lintasan lurus Sirkut Monza, sehingga menjadi 80 km/jam.  

177

Tekanan pedal (dalam kg) yang mesti dilakakukan oleh pebalap supaya bisa mengerem dengan sukses. 

0,61

Waktu (dalam detik) yang memisahkan antara enam pebalap saat mereka melintas garis finis pada GP Italia 1971. Itu merupakan finis terketat dalam sejarah F1.  

11

Posisi start terendah yang ditempati pebalap saat meraih kemenangan di Italia, juga terjadi pada balapan 1971 atas nama Peter Gethin yang memperkuat BRM.

83

Jumlah pebalap Italia yang pernah tampil di GP. 

37

Jumlah pebalap yang pernah naik podium di GP Italia dengan mengenakan seragam Ferrari (jumlahnya menjadi 40 jika memasukkan pebalap yang tampil pada periode 1950-an). 

6

Jumlah Fernando Alonso mencicipi podium di Italia. Rekor Alonso itu hanya bisa dikalahkan oleh Michael Schumacher, yang delapan kali naik podium di Italia. 

5

Rekor jumlah pole position terbanyak yang dibukukan seorang pebalap di Italia. Rekor tersebut dimiliki oleh Juan Manuel Fangio dan Ayrton Senna. Lewis Hamilton bakal menyamai rekor mereka jika mampu merebut pole pada kualifikasi pekan ini di Monza.  

18

Jumlah kemenangan Ferrari di kandang sendieri. McLaren berada di urutan kedua, dengan menang sebanyak 10 kali di GP Italia, sedangkan Williams enam kali. 

358.3

Kecepatan tertinggi (dalam km/jam) yang dicatatkan di Monza pada tahun lalu. Aktor dari rekor tersebut adalah pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen. 

2,1

Waktu pit stop tercepat (dalam detik), yang dibukukan pada balapan di Monza musim lalu. Rekor tersebut dicatatkan oleh pebalap Red Bull, Daniil Kvyat. 

 

 

Video Populer

Foto Populer