Sukses


Felipe Massa Umumkan Pensiun dari F1

Bola.com, Jakarta Setelah 14 tahun berkecimpung di ajang F1, Felipe Massa memutuskan bakal pensiun pada akhir musim 2016. Kabar tersebut diumumkan Massa menjelang balapan F1 GP Italia, Kamis (1/9/2016). 

Pria Brasil berusia 35 tahun tersebut menjalani debut di F1 bersama tim Sauber pada 2002. Sejauh ini, dia sudah tampil dalam 242 Grand Prix, yang membuatnya sebagai salah satu pebalap dengan penampilan terbanyak dalam sejarah F1. 

Massa total memenangi 11 seri selama berkiprah di kancah F1. Prestasi terbaiknya di klasemen adalah menjadi runner up, di belakang Lewis Hamilton pada 2008. Kegagalan tersebut sangat pahit karena kedua pebalap hanya berselisih satu poin.   

Keputusan Massa ini sebenarnya tak terlalu mengejutkan. Masa depannya di F1 masih terkatung-katung karena Williams belum menyodorkan kontrak baru untuk pria asal Sao Paolo tersebut. Tim tersebut bahkan belum mengumumkan line-up mereka untuk musim depan. 

"Dalam beberapa bulan terakhir, saya banyak berpikir tentang masa depan saya. Saya sudah mengambil keputusan bahwa di akhir musim ini saya akan meninggalkan Formula 1," tulis Massa pada kolom khusus di Motorsport

"Hidup memberikan banyak pilihan kepada kita dan saya berpikir inilah saatnya bagi saya pergi dan melakukan sesuatu yang berbeda. Mungkin Anda akan melihat saya lagi di mobil dalam sebuah balapan. Tapi, untuk saat ini kepastian yang saya miliki adalah saya punya banyak waktu untuk memutuskan apa yang harus dilakukan pada masa depan." 

Massa menghabiskan tiga tahun bersama Sauber, sebelum promosi ke Ferarri. Dia berpartner dengan Michael Schumacher pada musim 2006. Dia terus meniti karier bersama tim Kuda Jingkrak tersebut hingga musim 2013, hingga akhirnya hijrah ke Williams. 

Massa mengaku sengaja memilih GP Italia untuk mengumumkan rencana pensiun karena ingin mengikuti jejak Schumacher. 

"Mengapa saya memilih mengumumkan pensiun dari F1 saat di Monza bukan suatu kebetulan. Sepuluh tahun yang lalu di Monza, seorang pebalap juga mengumumkan pensiun. Dia lebih dari siapapun yang memberi pengaruh dalam karier saya: Michael Schumacher," kata Massa.

"Saya dipromosikan ke Ferrari pada awal musim itu. Tapi setelah itu saya diberi tahu bahwa pada 2007 Kimi Raikkonen bakal datang. Jadi pengalaman saya di tim "Merah" hanya akan berlangsung selama semusim.  Michael kemudian membuat keputusan untuk berhenti dan jelas saya bisa melanjutkan karier dengan Ferrari. Sepuluh tahun setelah hari itu, di paddock yang sama, saya memutuskan untuk mengumumkan pensiun juga," beber Massa. 

 

 

Video Populer

Foto Populer