Sukses


Sulsel Andalkan Cabang Beladiri di PON 2016

Bola.com, Jakarta Kontingen Sulawesi Selatan (Sulsel) yang akan bertanding di ajang PON Jabar 2016 resmi dilepas oleh Gubernur Syahrul Yasin Limpo di rumah dinas, di Makassar, Jumat (9/9/2016) pagi WITA. Dengan mengandalkan cabang beladiri, kontingen Sulsel membidik posisi keenam di klasemen akhir. 

Pada PON kali ini, Sulsel berkekuatan 321 atlet dan 116 pelatih. Mereka akan bertanding pada 38 cabang olahraga. Usai melepas kontingen, Syahrul berharap para atlet Sulsel bertarung bak pejuang untuk mengharumkan nama daerah.

"Mereka sudah berlatih keras untuk jadi juara (di PON). Saya tekankan kepada para atlet, ini saatnya nama mereka disebut di pentas nasional. Kalau bukan sekarang, kapan lagi?" ujar Syahrul kepada Bola.com.

Ketua KONI Sulsel, Andi Darussalam Tabusalla, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kontingen Sulsel, khususnya Pemerintah Provinsi Sulsel.

"Saya juga memberi apresiasi tinggi kepada Bank Sulselbar dan Semen Tonasa yang memberi bantuan kepada kami," jelas Andi Darussalam Tabusalla.

Sementara itu, Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Sulsel, Nukhrawi Nawir, menambahkan Sulsel menargetkan berprestasi lebih baik dibandingkan PON Riau 2012. Saat itu, Sulsel bertengger di peringkat ketujuh dengan raihan 19 emas.

"Konkretnya, minimal sama dengan PON Kaltim 2008. Saat itu kami berada di peringkat keenam," ungkap Nukhrawi.

Seperti PON sebelumnya, Sulsel mengandalkan cabang bela diri untuk mendulang emas. "Kami juga mengandalkan dansa, anggar, dayung, selancar, dan layar. Tapi, kami juga berharap cabang lain membuat kejutan," papar Nukhrawi.

Dihubungi terpisah, andalan karate Sulsel, Hendro Salim mengungkapkan siap merebut emas di PON Jabar. "Sejauh ini persiapan yang kami lakukan lebih baik daripada PON lalu," ungkap Hendro. Pada PON 2012, Sulsel jadi juara umum di cabang karate dengan enam emas.

Hal senada dikatakan Ales Tatontos, andalan Sulsel di cabang tinju. Peraih emas Sea Games 2011 di Palembang ini. "Ini adalah PON terakhir saya. Saya berharap mengakhiri karier dengan emas PON di Jabar," ujar dia.

Video Populer

Foto Populer