Sukses


Sinar Calon Ratu Renang Indonesia pada PON 2016

Bola.com, Bandung - Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 melahirkan calon ratu renang masa depan Indonesia. Dia adalah Angel Gabriella Yus, perenang putri asal Kalimantan Utara, yang meraih medali emas nomor 100 meter gaya kupu-kupu putri.

Angel berhasil finis tercepat pada babak final yang digelar di Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat, Kamis (15/9/2016), dengan catatan waktu 1 menit 01,660 detik.

Selain mempersembahkan emas pertama buat kontingen Kalimantan Utara pada PON 2016, Angel juga berhasil mencetak tiga rekor baru sekaligus.

Pada babak penyisihan, Angel memecahkan rekor PON milik perenang legendaris Indonesia, Elsa Manora Nasution, yang sudah berusia 20 tahun. Waktu Angel, 1:02:58 menit, mengungguli catatan Elsa yang menorehkan 1:03:06 pada PON 1996 di Jakarta.

Angel kembali mempertajam waktunya pada babak final. Waktunya di final (1:01,660 menit) merupakan rekor baru PON sekaligus memecahkan rekor nasional miliknya sendiri, 1:02,00 menit, yang dibuat pada ajang ASEAN School Games 2015 di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

"Tentu saya senang bisa meraih medali emas dan memecahkan rekor," kata Angel singkat selepas seremoni pengalungan medali kepada tim media PON 2016.

Prestasi yang diukir Angel pada PON 2016 terbilang luar biasa. Sebelum tampil di PON 2016, Angel sempat memutuskan mundur dari renang prestasi demi fokus ke pendidikan. Namun, setelah dibujuk oleh KONI Kaltara, Angel bersedia kembali ke kolam renang buat membela tanah kelahirannya.

"Setelah PON saya ingin fokus sekolah lagi," ujar cewek berkacamata yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) itu.

Meski saat ini ingin lebih fokus ke pendidikan, Angel tak menutup pintu untuk kembali ke renang prestasi. Dia mengaku masih banyak impian yang ingin diraih sebagai perenang. Target awalnya adalah menjadi salah satu perenang terbaik di Asia Tenggara.

"Saya ingin memecahkan rekor SEA Games yang saat ini dipegang perenang Singapura, Tao Li (58,84 detik), pada 2017. Untuk ke arah sana memang belum ada persiapan. Namun, saya yakin bisa melakukannya. Di setiap kejuaraan yang diikuti, saya memang selalu ingin memecahkan rekor termasuk pada PON 2016," tutur Angel Gabriella Yus.

Video Populer

Foto Populer