Sukses


PON 2016: Peselam Jatim Tutup Karier dengan Pecahkan 2 Rekor

Bola.com, Cirebon - Peselam andalan Jawa Timur, Priscilia Gunawan, menyabet medali emas sekaligus memecahkan dua rekor di nomor 800 meter surface putri PON Jabar 2016, Jumat (16/9/2016). Tiga catatan istimewa tersebut jadi penutup manis karier Priscilia yang memutuskan bakal pensiun seusai PON.

Dia menyabet emas setelah finis dengan catatan waktu 7 menit 15,16 detik pada lomba di Kolam Renang Cathrine Surya, Kota Cirebon, Jumat (16/9/2016).  Priscilia unggul atas koleganya Angeline Soegianto yang menjadi runner up dengan catatan waktu 7 menit 38,47 detik. Posisi ketiga ditempati peselam DKI Jakarta, Davina Gruman, dengan waktu 7 menit 57,61 detik.

Priscilia tak hanya meraih medali emas, tapi juga memecahkan rekor PON dan rekor nasional yang dipegang Citra Ramania dari Kalimantan Timur, dengan catatan waktu 7 menit 26 detik. "Senang sekaligus bangga rasanya bisa pecah rekor milik orang," ujar Priscilia, seusai lomba. 

Sayang prestasi mengilap Priscilia ini bakal menjadi yang terakhir. Ia menyatakan ingin pensiun setelah PON rampung.  "Sudah cukup, ini yang terakhir. Saya sudah capek jadi atlet," tutur peselam nasional ini.

Pelatih selam Jatim, Nurul Anshori, mengaku tak terkejut dengan capaian itu karena persiapan Priscilia sangat matang. Apalagi dalam banyak kejuaraan sebelum PON, baik Kejurnas maupun pra-PON, Priscilia sangat dominan di nomor ini. "Ini memang nomor spesialisasi Priscilia. Di nomor ini Priscilia tidak ada lawannya," ujar Nurul Anshori.

Raihan ini merupakan buah kerja keras sang atlet selama tiga bulan terakhir berlatih di China. Di sana, anggota tim selam Jatim ditempa dengan keras, sehingga Priscilia dan peselam lain berkembang pesat.

Sementara itu, di nomor 800 meter putra, medali emas direbut atlet DKI Jakarta Reinhard Tomel setelah membukukan catatan waktu 6 menit 44.32 detik. Peselam Jatim, Bima Dea Sakti Antono dengan 6 menit 59,50 detik berada di urutan kedua. Sedangkan tempat ketiga diisi DKI Jakarta lainnya Yohanes Richard dengan torehan waktu 7 menit 9,37 detik.

Video Populer

Foto Populer