Sukses


Rio Haryanto Yakin Dapat Sponsor RP 171 Miliar untuk F1 2017

Bola.com, Singapura - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, optimistis bakal kembali berkiprah di arena F1 pada musim 2017. Untuk mendapatkan satu kursi pada musim depan, Rio yakin bisa mengumpulkan dana sponsor hingga mencapai 10 juta poundsterling atau setara Rp 171 miliar.

 

Kiprah Rio di ajang F1 2016 berakhir dini, tepatnya 12 seri, gara-gara kurangnya dukungan dana sponsor untuk disetorkan ke Manor Racing. Dari total dana 15 juta euro (Rp 220 miliar) yang dibutuhkan untuk membalap semusim penuh dengan Manor, manajemen Rio hanya mampu membayar senilai 8 juta euro (setara Rp 117 miliar). Rio akhirnya harus menyerahkan kursinya kepada Esteban Ocon. Sedangkan dia diberi peran sebagai pebalap cadangan hingga akhir musim.

Namun, peristiwa itu justru jadi berkah terselubung bagi pebalap asal Solo ini. Menurut sang manajer, Piers Hunnisett, sejumlah sponsor baru siap mendukung Rio supaya bisa kembali membalap di F1 pada musim depan.

Dalam sesi wawancara dengan Straight Times, Sabtu (17/9/2016), di sela-sela seri F1 GP Singapura, Rio juga menyatakan hal senada seperti yang disampaikan Piers. Dia optimistis mampu menggaet beberapa sponsor baru yang bisa menyuntikkan dana hingga Rp 171 miliar, tentu saja sudah termasuk dana dari sponsor tetapnya, Pertamina. 

"Saya tak berpikir tentang kemungkinan membalap di ajang lain. Saya merasa telah membuktikan kemampuan saya sebagai pebalap yang cepat. Saya yakin bisa kembali ke arena F1," ujar Rio.   

Rio mengakui pengalaman membalap di F1 sebanyak 12 seri telah memberinya banyak pelajaran berharga. Dia juga memahami banyak pihak berharap melihatnya bisa memenangi balapan, meskipun hal itu jadi misi yang hampir mustahil.

"Banyak orang berharap saya bisa menang balapan, tapi F1 sangat berbeda dan lompatan besar dari GP2. Saya berharap orang-orang bisa lebih bersabar. Saya sedang berusaha. Anda ingin mendapatkan hasil bagus, tapi itu tak mudah, apalagi ketika Anda bergabung dengan tim papan bawah," beber pengidola Ayrton Senna ini.  

Sementara itu, sebelumnya Piers Hunnisett mengatakan beberapa sponsor sudah siap membantu Rio untuk tetap bertahan sebagai pebalap Manor pada balapan F1 2016. Namun, semuanya sudah terlambat karena Manor sudah menjalin kesepakatan dengan Esteban Ocon.

Hunnisett mengungkapkan pemerintah Indonesia juga menjanjikan bantuan dana. Namun, manajemen Rio tak bisa mengandalkan hal tersebut karena terbentur beberapa masalah. Dia menambahkan para sponsor tersebut sudah menyatakan kesiapan mereka untuk membantu Rio kembali ke lintasan F1 musim depan. Manajemen pebalap cadangan Manor itu memang tak ingin lagi bergantung kepada pemerintah.

 

Video Populer

Foto Populer