Sukses


2 Pebalap Berebut 1 Kursi Tersisa untuk MotoGP 2017

Bola.com, Aragon - Aspar Ducati dikabarkan akan segera mengumumkan nama pebalap yang bakal mengisi satu kursi tersisa untuk MotoGP 2017. Menariknya, rider tersebut kemungkinan bukan Yonny Hernandez.

Satu slot di Aspar untuk musim depan sudah menjadi milik Alvaro Bautista. Pada 2016, Bautista membela Aprilia.

Pebalap yang dijagokan menjadi tandem Bautista adalah Hernandez. Pebalap asal Kolombia itu merupakan salah satu dari dua rider Aspar pada tahun ini selain Eugene Laverty.

Hernandez hampir pasti bertahan di Aspar lantaran Laverty memilih meninggalkan MotoGP. Pebalap asal Irlandia itu memutuskan kembali berkiprah di ajang Superbike karena Aspar cuma kebagian satu motor Desmosedici GP16 pada musim depan. Motor tersebut akan dipakai Bautista, sedangkan rekan setimnya hanya menggeber GP15.

Namun, situasi berbalik 180 derajat selepas balapan MotoGP Aragon pada akhir pekan lalu. Situs Crash melaporkan Aspar mulai membidik pebalap lain karena performa Hernandez pada musim ini sangat mengecewakan.

Hernandez saat ini terdampar di posisi ke-22 klasemen sementara alias paling terakhir di antara pebalap reguler lain pada musim ini. Dia baru mengoleksi 13 poin. Jumlah tersebut sangat jauh jika dibandingkan dengan Laverty yang sudah mendulang 71 poin. Padahal, keduanya memakai motor yang sama, yaitu Desmosedici GP14.2. Bahkan, Hernandez kalah dari pebalap Avintia Ducati, Loris Baz, yang sempat absen empat seri karena cedera.

"Kami sedang berdiskusi dengan Yonny dan pebalap lain. Kemungkinan kami akan mengumumkan pebalap kedua pada pekan depan," kata Sporting Director Aspar Ducati, Gino Borsoi, kepada Crash.

Borsoi mengakui Aspar sebenarnya menginginkan Hernandez meraih hasil yang lebih baik pada musim ini.

"Ekspektasi kami kepada Hernandez agak tinggi karena di sisi lain Laverty menjalani musim yang luar biasa," ujar Borsoi.

Borsoi enggan mengungkap siapa pesaing Hernandez. Namun, situs Speedweek menyebut sosok itu adalah Karel Abraham, eks pebalap MotoGP pada 2011-2015 yang musim ini tampil di Superbike. Isu menyeruak menyusul kehadiran ayah Abraham, Karel Abraham Sr., di paddock pada MotoGP Aragon.

Manajer Aspar, Jorge Martinez, membenarkan timnya sedang bernegosiasi dengan Abraham. Namun, Abraham masih menolak berkomentar terkait rumor kembali ke MotoGP.

"Hingga balapan di Assen, saya merasa kami harus mempertahankan Yonny. Namun, sekarang saya tak bisa menjamin itu," ujar Martinez.

Jika jadi pindah ke Aspar pada MotoGP 2017, maka Abraham akan bertukar tempat dengan Laverty. Pada musim debut di Superbike tahun ini, Abraham membela tim Milwaukee dengan menggunakan motor BMW. Sementara itu, Laverty akan bergabung dengan tim Milwaukee yang tahun depan memakai motor Aprilia.

Berikut ini adalah daftar komposisi pebalap untuk MotoGP 2017:

Repsol Honda
Marc Marquez
Dani Pedrosa

Movistar Yamaha
Valentino Rossi
Maverick Vinales

Ducati Team
Jorge Lorenzo
Andrea Dovizioso

Suzuki
Andrea Iannone
Alex Rins

KTM
Bradley Smith
Pol Espargaro

Aprilia Gresini
Sam Lowes
Aleix Espargaro

LCR Honda
Cal Crutchlow

Marc VDS Honda
Jack Miller
Tito Rabat

Monster Yamaha Tech 3
Jonas Folger
Johann Zarco

Avintia Ducati
Hector Barbera
Loris Baz

Pramac Ducati
Scott Redding
Danilo Petrucci

Aspar Ducati
Alvaro Bautista
Belum diumumkan

Video Populer

Foto Populer