Sukses


F1 2017: 11 Kursi Belum Resmi Terisi, Tim Mana Saja?

Bola.com, Jakarta - F1 2016 hanya tinggal menyisakan enam seri. Pada pengujung musim, persaingan antar pebalap bukan lagi hanya terjadi di lintasan tapi sudah merembet ke luar trek.

Para pilot jet darat yang kontraknya habis pada akhir musim ini mulai bergerilya demi mengamankan kursi untuk 2017. Mereka harus bergerak cepat. Jika kalah langkah, peluang akan direbut pebalap lain.

Maklum, persaingan perebutan kursi di F1 sangat sengit. Dari 22 slot yang tersedia untuk musim depan, setengahnya sudah terisi. Sisanya akan diperebutkan pebalap yang ada di grid saat ini dan bintang muda yang bermimpi tampil di lomba jet darat.

Hingga menjelang F1 GP Malaysia, cuma empat dari 11 tim yang sudah memastikan komposisi pebalap untuk 2017. Tim lainnya baru mengamankan satu pebalap dan bahkan ada yang belum sama sekali.

Total ada 11 kursi yang masih belum resmi terisi. Di tim mana saja kursi kosong itu dan siapa pebalap yang dikaitkan dengan tim tersebut? Berikut ini adalah line-up pebalap sementara F1 2017 seperti dilansir oleh situs The Checkered Flag, Selasa (27/9/2016).

Mercedes

Lewis Hamilton telah meneken kontrak berdurasi tiga tahun sejak Mei 2015. Artinya, sang juara dunia bertahan itu akan tetap membalap untuk Mercedes hingga dua tahun lagi.

Sementara itu, Nico Rosberg juga sudah menyepakati kontrak anyar pada Juli 2016. Kontrak baru itu memastikan kursi Rosberg di Mercedes tetap aman sampai 2018.

Red Bull Racing

Saat bergabung dengan Red Bull dari Toro Rosso pada 2014, Daniel Ricciardo meneken kontrak selama lima tahun. Sempat dikaitkan dengan Ferrari, Christian Horner (Bos Red Bull) menegaskan Ricciardo tak akan pindah minimal hingga akhir 2018.

Musim depan Ricciardo akan tetap berduet dengan Max Verstappen yang baru dipromosikan Red Bull dari Toro Rosso untuk menggantikan Daniil Kvyat pada pertengahan musim ini.

Ferrari

Ketika datang ke Ferrari pada 2015, Sebastian Vettel meneken kontrak berdurasi tiga tahun. Dengan demikian, Vettel akan tetap bersama Tim Kuda Jingkrak hingga akhir musim 2017.

Kontrak Kimi Raikkonen sedianya habis akhir musim ini. Beberapa pebalap, termasuk Romain Grosjean (Haas) dan Sergio Perez (Force India), sempat disebut-sebut bakal menggantikan The Ice Man. Namun, Ferrari akhirnya memutuskan memperpanjang kontrak Kimi hingga 2017.

Williams

Sampai saat ini Williams belum mengumumkan secara resmi komposisi pebalap untuk musim depan. Felipe Massa sudah mengumumkan pensiun dari F1. Sementara itu, kursi Valtteri Bottas kemungkinan masih aman dan hanya tinggal menunggu pengumuman resmi dari Williams.

Sergio Perez, Felipe Nasr (Sauber), Lance Stroll, dan Alex Lynn (GP2) adalah empat kandidat pengganti Massa. Stroll yang saat ini memimpin klasemen Formula 3 Eropa menjadi calon terkuat.

Force India

Nico Hulkenberg akan bertahan hingga 2017 setelah memperpanjang kontrak selama dua tahun pada musim 2015. Rekan setim Hulkenberg, Sergio Perez, sebenarnya masih terikat kontrak hingga tahun depan. Namun, nasib pebalap asal Meksiko itu ada di tangan sponsor.

Kabarnya, dalam kontrak Perez dengan sang sponsor tertera klausul khusus. Perez bisa pindah jika sponsornya memilih mensponsori tim lain. Belakangan, sponsor Perez disebut-sebut sedang bernegosiasi dengan Renault dan Williams. Hanya, kabar itu masih sebatas rumor.

2 dari 3 halaman

Nasib Rio Haryanto

McLaren

Fernando Alonso akan menjalani musim terakhirnya di McLaren pada 2017. Saat bergabung pada 2015, Alonso meneken kontrak berdurasi tiga tahun.

Tahun depan Alonso punya rekan setim baru. Jenson Button tak lagi jadi pebalap reguler dan beralih status sebagai duta dan pebalap cadangan McLaren. Posisinya akan digantikan pebalap cadangan McLaren saat ini yang merupakan juara GP2 2015, Stoffel Vandoorne.

Toro Rosso

Carlos Sainz Jr. dipastikan bertahan di Toro Rosso pada musim depan. Pebalap asal Spanyol itu bakal menjalani tahun ketiga di Toro Rosso setelah menyepakati perpanjangan kontrak pada pertengahan musim ini.

Siapa yang akan menjadi rekan setim Sainz masih jadi misteri. Namun, Team Principal Toro Rosso, Franz Tost, memastikan pendamping Sainz sudah ditentukan, yaitu antara pebalap saat ini, Daniil Kvyat, dan pebalap GP2, Pierre Gasly.

Haas F1 Team

Haas juga masih belum mengumumkan komposisi pebalap untuk 2017. Namun, pilihan tim AS ini mengerucut pada tiga nama, yakni dua pebalap saat ini, Romain Grosjean dan Esteban Gutierrez, serta pebalap penguji, Charles Leclerc.

Grosjean yang sudah menyumbangkan 28 poin buat Haas kabarnya punya klausul kontrak yang menyebutkan pebalap asal Prancis itu bisa bertahan minimal satu musim lagi. Gutierrez belum meraih poin tapi optimistis dipertahankan pada musim depan.

Hanya, Gutierrez terancam terdepak oleh Leclerc. Jika jadi juara GP3 Series, Leclerc akan mendapatkan Superlicence dan berpeluang besar dipromosikan jadi pebalap utama karena dia merupakan bagian dari Akademi Pebalap Ferrari. Sudah menjadi rahasia umum kalau Haas merupakan tim B Ferrari layaknya Toro Rosso untuk Red Bull.

3 dari 3 halaman

Peluang Pascal 

Renault

Siapa pebalap Renault musim depan paling sulit ditebak. Nasib dua pebalap saat ini, Kevin Magnussen dan Jolyon Palmer, sama-sama tak aman.

Total ada lima pebalap lain yang gencar dikaitkan dengan Renault. Mereka adalah Sergio Perez (Force India) dan Esteban Ocon (Manor Racing) serta tiga pebalap akademi Renault, Sergey Sirotkin (GP2), Oliver Rowland (GP2), dan Louis Deletraz (Formula V8 3.5).

Manor Racing

Pascal Wehrlein hanya dikontrak selama setahun dan masih menunggu nasib untuk musim 2017. Namun, melihat performa apiknya dengan meraih satu-satunya poin buat Manor musim ini, masa depan pebalap akademi Mercedes itu di F1 bakal terjamin.

Esteban Ocon yang menggantikan pebalap Indonesia, Rio Haryanto, juga masih menunggu kepastian. Sejauh ini, namanya dikaitkan dengan Renault dan Manor.

Rio yang saat ini berperan sebagai pebalap cadangan masih masuk daftar kandidat pebalap Manor musim depan. Apalagi kabarnya dia sudah dilirik sponsor baru untuk kembali ke F1 tahun depan.

Pebalap penguji, Jordan King, juga berambisi naik kelas. Namun, dia masih harus mengumpulkan poin untuk mendapatkan Superlicence.

Sauber

Kontrak Felipe Nasr habis akhir musim ini. Pebalap Brasil itu dikaitkan dengan Williams sebagai suksesor sang kompatriot, Felipe Massa, yang pensiun.

Nasib Marcus Ericsson juga masih abu-abu. Pebalap asal Swedia itu dikabarkan punya ikatan dengan pemilik baru Sauber, Longbow Finance, dan diprediksikan bakal bertahan di Sauber. Meski demikian, dia tetap mencari peluang pindah ke tim lain yang punya potensi bersaing di papan tengah. Team Principal Sauber, Monisha Kaltenborn, telah menegaskan untuk musim depan timnya akan memilih pebalap berdasarkan talenta, bukan uang.

Video Populer

Foto Populer