Sukses


F1 GP Jepang: Raikkonen dan Button Turun Posisi Start

Bola.com, Suzuka - Pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen, dan pebalap McLaren, Jenson Button, mendapat hukuman penalti turun posisi start pada balapan F1 GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu (9/10/2016).

Menurut situs Motorsport, Button akan memulai lomba dari grid paling belakang karena mengganti power unit. Pebalap asal Inggris itu akan memakai enam komponen power unit baru yang membuatnya terkena penalti turun 35 posisi start.

Button dijadwalkan baru memakai power unit anyar pada GP AS, 23 Oktober. Namun, karena pebalap berusia 26 tahun itu hanya mengakhiri kualifikasi di posisi ke-17, McLaren memutuskan memasang power unit baru tersebut di Suzuka.

Dengan demikian, Button akan start dari posisi buncit. Lima pebalap yang berada di bawah Button saat kualifikasi, yakni Kevin Magnussen (Renault), Marcus Ericsson (Sauber), Felipe Nasr (Sauber), Esteban Ocon (Manor Racing), dan Pascal Wehrlein (Manor Racing), masing-masing mendapat keuntungan dengan naik satu posisi start.

Button bukan satu-satunya pebalap yang terkena hukuman turun posisi start sebelum balapan F1 GP Jepang. Situs Autosport mengabarkan Raikkonen juga harus turun lima posisi start karena mengganti girboks.

Raikkonen seharusnya start dari posisi ketiga. Namun, karena mendapat penalti usai mengganti girboks, maka pebalap asal Finlandia itu akan memulai balapan dari grid kedelapan.

Penalti untuk Raikkonen mempersulit langkah Ferrari untuk naik podium di Suzuka. Rekan setim Raikkonen, Sebastian Vettel, sudah lebih dulu terkena penalti turun tiga posisi start karena menjadi penyebab kecelakaan pada tikungan pertama F1 GP Malaysia di Sepang, 2 Oktober.

Vettel mengakhiri kualifikasi di posisi keempat. Dengan demikian, dia harus start di grid keenam.

Red Bull pun diuntungkan dengan hukuman yang didapat dua pebalap Ferrari karena Max Verstappen dan Daniel Ricciardo akan naik posisi start. Verstappen bakal start dari posisi ketiga dan Ricciardo keempat. Posisi start Sergio Perez (Force India) dan Romain Grosjean (Haas) juga maju.

Balapan F1 GP Jepang di Sirkuit Suzuka akan digelar pada Minggu (9/102016) siang pukul 12.00 WIB. Pebalap Mercedes, Nico Rosberg, bakal start dari pole position di depan rekan setimnya, Lewis Hamilton.

Posisi Start F1 GP Jepang:

1. Nico Rosberg (Mercedeas)
2. Lewis Hamilton (Mercedes)
3. Max Verstappen (Red Bull)
4. Daniel Ricciardo (Red Bull)
5. Sergio Perez (Force India)
6. Sebastian Vettel (Ferrari)
7. Romain Grosjean (Haas)
8. Kimi Raikkonen (Ferrari)
9. Nico Hulkenberg (Force India)
10. Esteban Gutierrez (Haas)
11. Valtteri Bottas (Williams)
12. Felipe Massa (Williams)
13. Daniil Kvyat (Toro Rosso)
14. Carlos Sainz Jr. (Toro Rosso)
15. Fernando Alonso (McLaren)
16. Jolyon Palmer (Renault)
17. Kevin Magnussen (Renault)
18. Marcus Ericsson (Sauber)
19. Felipe Nasr (Sauber)
20. Esteban Ocon (Manor Racing)
21. Pascal Wehrlein (Manor Racing)
22. Jenson Button (McLaren)

Video Populer

Foto Populer