Sukses


Rio Haryanto: Manor Salah Satu Opsi Tim untuk F1 2017

Bola.com, Austin - Pebalap cadangan Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, mengungkap salah satu tim yang sedang dipertimbangkan untuk diperkuatnya pada F1 2017. Menurut Rio, tim tersebut adalah Manor.

"Kami masih mempelajari beberapa opsi dan salah satunya tetap bersama Manor. Kita lihat saja nanti," kata Rio dalam wawancara dengan editor F1 situs Motorsport edisi Belanda, Erwin Jaeggi, pada sela-sela pergelaran GP AS di Circuit of the Americas (COTA), Austin, Texas, AS, Minggu (23/10/2016).

Manor merupakan salah satu dari enam tim yang masih memiliki kursi kosong pada F1 2017 selain Sauber, Haas, Renault, Force India, dan Williams.

Kontrak dua pebalap utama Manor saat ini, Pascal Wehrlein dan Esteban Ocon, akan habis pada akhir musim 2016. Manor ingin mempertahankan kedua pebalap didikan Mercedes itu. Namun, Wehrlein dan Ocon sedang gencar dikaitkan dengan tim lain.

Nama Wehrlein masuk bursa calon pebalap baru Force India sebagai pengganti Nico Hulkenberg yang pindah ke Renault. Sementara itu, Ocon disebut-sebut menjadi kandidat rekan Hulkenberg di Renault.

"Untuk bisa balapan di F1 itu sangat sulit. Kursinya terbatas karena hanya ada 22 slot pebalap utama yang tersedia," ujar Rio.

Jika Wehrlein dan Ocon hengkang, Manor telah memberi sinyal akan mencari pay driver. Rio bisa masuk dengan catatan memiliki dana yang diminta Manor.

Kebetulan, Manor juga sudah menawarkan kursi F1 2017 kepada Rio. Hanya, sponsor Rio, Pertamina, berharap pebalap berusia 23 tahun itu bisa bergabung dengan tim yang lebih baik daripada Manor.

Saat ini, manajer Rio, Piers Hunnisett, terus bergerilya mencari calon sponsor dari luar negeri. Saat tiga balapan sebelum GP AS digelar di kawasan Asia (Singapura, Malaysia, dan Jepang), Piers sudah melakukan pendekatan dengan beberapa calon sponsor potensial.

"Saya kira peluang untuk kembali membalap di F1 pada 2017 masih 50:50. Semoga saja berita baik akan segera datang," kata Rio.

Rio Haryanto debut di F1 pada 2016 bersama Manor Racing. Namun, dia tergusur pada pertengahan musim karena terbelit masalah finansial dan digantikan oleh Ocon. Pada sisa musim ini, Rio tetap di Manor dengan peran berbeda sebagai pebalap cadangan yang selalu ikut bersama tim pada setiap race weekend, termasuk di Austin.

Video Populer

Foto Populer