Sukses


F1: Pencarian Sponsor Rio Haryanto Masih Jalan di Tempat

Bola.com, Jakarta - Upaya manajemen Rio Haryanto mendapatkan sponsor untuk kembali tampil di ajang F1 pada 2017 masih menemui jalan buntu. Ibunda Rio, Indah Pennywati, mengatakan belum ada sponsor yang serius berkomitmen untuk menyokong pebalap asal Solo, Jawa Tengah itu.

Peluang Rio kembali berkiprah di arena F1 makin tipis setelah tim-tim sudah mengumumkan susunan pebalap untuk musim 2017. Kini tinggal dua tim yang masih memiliki kursi kosong untuk musim depan, yaitu Sauber dan Manor. 

Namun, Indah mengatakan pihaknya belum bisa bergerak cepat karena terkendala dukungan sponsor. "Kami sudah bertemu dengan beberapa calon sponsor, baik dalam maupun luar negeri. Sudah ada pembicaraan, tapi belum ada kelanjutan yang riil," kata Indah, saat dihubungi Bola.com, Minggu (20/11/2016).

"Jadi, kadang ada calon sponsor yang tanya-tanya, kemudian bertemu. Setelah kami tanya lagi kelanjutannya, ternyata belum ada. Memang sejauh ini belum ada yang serius," imbuh Indah.

Menurut Indah, satu-satunya calon sponsor yang sejauh ini sudah berkomitmen mendukung Rio baru Pertamina. Komitmen itu sudah berulang kali disampaikan oleh perwakilan Pertamina di sejumlah kesempatan. Namun, Pertamina pun belum menyodorkan nominal riil yang akan digelontorkan kepada Rio Haryanto.

"Kalau Pertamina menyatakan akan terus mendukung Rio. Namun, kami juga belum tahu berapa jumlah nominalnya. Yang jelas, saat ini tim yang tersisa tinggal Sauber dan Manor karena tim-tim lain sudah mengumumkan nama pebalap mereka," jelas Indah.

Indah menambahkan untuk kembali ke arena F1 pada musim depan, Rio kemungkinan membutuhkan suntikan dana dari sponsor yang nilainya setara dengan musim ini. Pada musim lalu, Manor meminta dana senilai 15 juta euro untuk syarat supaya Rio Haryanto bisa membalap semusim penuh. Namun, petualangan Rio harus berakhir setelah 12 seri karena tak mampu menyetorkan dana sesuai yang diminta Manor. Manajemen Rio hanya bisa membayar senilai 8 juta euro, sehingga kontrak dihentikan di tengah musim.

"Untuk bisa dapat tim baru mungkin estimasi kebutuhan biayanya seperti musim ini (15 juta euro)," ujar Indah.

Untuk mendapatkan kursi di Sauber atau Manor, Rio Haryanto kemungkinan harus bersaing dengan beberapa pebalap  yang sampai kini belum mendapatkan tim. Mereka adalah  Felipe Nasr, Marcus Ericsson, Pascal Wehrlein, dan Esteban Gutierrez. 

Video Populer

Foto Populer