Sukses


Bintan Bidik Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Triathlon 2020

Bola.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, membidik status tuan rumah Ironman World Championship 2020. Head of Bintan Tourism, Luki Zaiman Prawira, yakin bisa memenuhi persyaratan untuk mewujudkan ambisi itu.

Seperti diketahui, tahun ini Kabupaten Bintan kembali menggelar ajang triathlon level internasional bertajuk Ironman 70.3 Bintan 2017. Ajang ini menjadi edisi ketiga sepanjang penyelenggaraan yang pertama kali dimulai pada 2015.

Pada dua edisi sebelumnya, Ironman 70.3 Bintan mendapatkan animo dan respon positif dari dunia internasional. Bahkan, tingkat kepuasan para atlet tahun lalu mencapai 95 persen.

Ironman 70.3 Bintan juga mencatatkan perkembangan signifikan sebesar 60 persen. Prestasi itu membuat Ironman 70.3 Bintan menghuni posisi tiga teratas kejuaraan triathlon dunia setelah Jerman dan Prancis. Atas dasar itulah, Bintan kini membidik prestasi untuk menggelar Ironman World Championship 2020.

"Berhubung responnya cukup bagus, kami berencana untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah kejuaraan dunia pada 2020. Namun, untuk mencapai itu masih banyak syarat yang harus dipenuhi," kata Luki kepada wartawan di Jakarta, Rabu (12/7/2017).

Menurut Luki, pihaknya masih harus membuktikan kesuksesan empat penyelenggaraan Ironman 70.3 Bintan. Selain itu, mereka harus memenuhi standar yang ditetapkan penyelenggara terkait infrastruktur transportasi maupun akomodasi.

"Kami berencana membangun bandara internasional paling lambat selesai pada 2019. Dengan adanya bandara, maka akses menuju Bintan tidak lagi sulit. Kami juga berencana untuk menambah hotel sehingga bisa menampung lebih banyak wisatawan," ujar Luki.

Niat Kepulauan Bintan untuk menggelar disambut positif CEO of MetaSport selaku penyelenggaran Ironman Internasional, Nathalie Marquet. Menurut Marquet, Bintan memiliki potensi untuk menggelar ajang triathlon bergengsi tersebut pada 2020.

"Sejauh ini kami merasa puas dengan penyelenggaraan Ironman 70.3 Bintan. Saya juga punya keyakinan Bintan memiliki kesempatan besar untuk jadi tuan rumah pada 2020 nanti," ujar Marquet.

Video Populer

Foto Populer