Sukses


6 Fakta Menarik Setelah Tontowi / Liliyana Jadi Juara Dunia 2017

Bola.com, Glasgow - Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, lagi-lagi menjadi pahlawan Indonesia. Kali ini, Tontowi/Liliyana menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang menyabet medali emas pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017. 

Pada partai final di Emirates Stadium, Glasgow, Skotlandia, Minggu (27/8/2017), Tontowi/Liliyana sukses menundukkan unggulan pertama asal China, Zheng Siwei/Chen Qingchen. Mereka menang dalam pertarungan tiga gim 15-21, 21-16, 21-15. 

Kemenangan tersebut bukan hanya menjadi gelar kedua Tontowi/Liliyana pada ajang Kejuaraan Dunia. Namun, gelar tersebut juga menjadi penyelamat bagi PBSI. 

Seperti diketahui, PBSI menargetkan membawa pulang satu gelar dari Glasgow. Harapan terlihat terbuka lebar setelah Indonesia meloloskan dua wakil ke babak final, Tontowi/Liliyana dan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro. 

Namun, apa daya, Ahsan/Rian kandas di tangan ganda China, Liu Cheng/Zhang Nana. Alhasil, harapan tinggal tersampir ke pundak pasangan yang akrab disapa Owi/Butet. 

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil menjawab tantangan dan harapan besar tersebut. Berbekal permainan yang sabar, matang, dan agresif, Tontowi/Liliyana sukses membawa pulang medali emas ke Indonesia. 

Apa lagi fakta menarik yang mengiringi kemenangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir? Berikut enam fakta yang dirangkum Bola.com dari berbagai sumber: 

 

2 dari 2 halaman

Fakta Menarik Kemenangan Tontowi / Liliyana

1. Gelar juara dunia tersebut menjadi yang kedua bagi Tontowi/Liliyana. Sebelumnya, Tontowi/Liliyana juga menjadi kampiun pada Kejuaraan Dunia 2013.

2. Liliyana Natsir total sudah empat kali menyabet medali emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis. Dua gelar lainnya diraihnya bersama Nova Widianto, juga pada nomor ganda campuran, pada 2005 dan 2007.

3. Dengan tambahan gelar ini, Tontowi/Liliyana total sudah mengoleksi satu medali emas Olimpiade, dua medali emas Kejuaraan Dunia, dan 15 titel Super Series secara bersama.

4. Tontowi/Liliyana berhasil mengukir kemenangan dalam dua kejuaraan bulutangkis level tertinggi secara beruntun. Pada tahun lalu, Tontowi/Liliyana juga mempersembahkan gelar juara di Olimpiade Rio de Janeiro.

5. Tontowi/Liliyana juga mempersembahkan hadiah untuk kemerdekaan Indonesia dalam dua tahun beruntun. Tahun lalu, medali emas Olimpiade juga diraih pada bulan Agustus, bahkan tepat pada Hari Kemerdekaan Indonesia.

6. Hasil pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017 sesuai dengan target yang ditetapkan PBSI, yaitu membawa pulang satu medali emas. 

Video Populer

Foto Populer