Sukses


Juara F1 GP Malaysia Jadi Kado Ulang Tahun Max Verstappen

Bola.com, Sepang - Pebalap Red Bull, Max Verstappen, secara gemilang berhasil menjuarai balapan F1 GP Malaysia yang penuh drama di Sirkuit Sepang, Minggu (1/10/2017). Verstappen mengalahkan pebalap Mercedes, Lewis Hamilton.

Verstappen finis terdepan dengan keunggulan 12,770 detik atas Hamilton. Rekan setim Verstappen, Daniel Ricciardo, melengkapi pesta Red Bull dengan finis di posisi ketiga setelah berhasil menahan serangan pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, pada fase akhir lomba. Walau tak naik podium, performa Vettel layak mendapat acungan jempol karena mampu finis keempat meski start dari posisi terakhir.

Meski gagal menang, Hamilton tetap berhasil memperlebar jarak dengan Vettel dalam persaingan perebutan titel F1 2017. Hamilton kini unggul 34 poin atas Vettel di puncak klasemen sementara dengan lima seri tersisa.

Drama sudah terjadi sebelum balapan dimulai. Kimi Raikkonen yang start dari posisi kedua mengalami masalah turbo sehingga mobilnya harus didorong kembali ke pit. Mekanik Ferrari lalu bertarung melawan waktu untuk mencoba memperbaiki problem tersebut agar Raikkonen tetap bisa start dari pit lane. Namun, usaha mereka tak membuahkan hasil dan Raikkonen pun gagal ikut balapan. Kejadian ini jelas merugikan Raikkonen yang berpeluang memenangi balapan.

Start lomba berjalan mulus tanpa insiden. Lewis Hamilton yang memulai balapan dari pole position langsung melesat untuk memimpin lomba selepas tikungan pertama.

Start bagus juga dilakukan rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas. Dia sempat menyodok ke posisi kedua sebelum disalip Max Verstappen.

Sebastian Vettel yang start dari posisi terakhir juga membuat start impresif. Pada lap ketiga, Vettel sudah melesat ke posisi 11.

Pada lap keempat, Verstappen berhasil menyalip Hamilton untuk mengambil alih pimpinan lomba. Tujuh lap berselang, giliran Daniel Ricciardo yang melewati Bottas untuk merebut posisi ketiga.

Pada pertengahan lomba, Verstappen sudah jauh meninggalkan Hamilton. Di sisi lain, Vettel semakin merangsek ke depan dan merebut posisi keempat dari Bottas yang masuk pit untuk mengganti ban pada lap 29.

Beberapa insiden juga mewarnai balapan. Salah satunya adalah senggolan antara Fernando Alonso dan Kevin Magnussen pada lap 33. Kedua pebalap saling memaki di radio tapi tak ada yang mendapat hukuman dari pengawas lomba. Berselang tujuh lap, Magnussen kembali terlibat kontak dengan Jolyon Palmer.

Pada 10 lap terakhir, Vettel semakin mendekati Ricciardo yang berada di posisi ketiga. Namun, Ricciardo berhasil mempertahankan posisinya hingga balapan usai. Di depan, Verstappen juga sukses menjaga jarak dengan Hamilton hingga akhirnya menjadi juara.

Uniknya, drama kembali terjadi selepas finis. Lance Stroll menabrak bagian belakang sebelah kiri mobil Vettel hingga ringsek saat slow down lap. Vettel akhirnya harus menumpang mobil Pascal Wehrlein untuk kembali ke pit.

Bagi Max Verstappen, ini merupakan kemenangan pertamanya pada F1 2017 dan yang kedua sepanjang karier di lomba jet darat. Kemenangan pada F1 GP Malaysia juga sekaligus menjadi kado manis bagi Verstappen yang merayakan ulang tahun ke-20 pada Sabtu (30/9/2017).

2 dari 2 halaman

Hasil Lomba

Hasil Lengkap Balapan F1 GP Malaysia, Minggu (1/10/2017):

1. Max Verstappen (Red Bull) 1 jam 30 menit 01,290 detik

2. Lewis Hamilton (Mercedes) +12,770 detik

3. Daniel Ricciardo (Red Bull) +22,519 detik

4. Sebastian Vettel (Ferrari) +37,362 detik

5. Valtteri Bottas (Mercedes) +56,021 detik

6. Sergio Perez (Force India) +78,630 detik

7. Stoffel Vandoorne (McLaren) +1 lap

8. Lance Stroll (Williams) +1 lap

9. Felipe Massa (Williams) +1 lap

10. Esteban Ocon (Force India) +1 lap

11. Fernando Alonso (McLaren) +1 lap

12. Kevin Magnussen (Haas) +1 lap

13. Romain Grosjean (Haas) +1 lap

14. Pierre Gasly (Toro Rosso) +1 lap

15. Jolyon Palmer (Renault) +1 lap

16. Nico Hulkenberg (Renault) +1 lap

17. Pascal Wehrlein (Sauber) +1 lap

18. Marcus Ericsson (Sauber) +2 lap

Gagal Finis

Carlos Sainz (Toro Rosso) 29 lap

Kimi Raikkonen (Ferrari) 0 lap

Video Populer

Foto Populer