VIDEO: Komentar Rio Haryanto Soal Balapan Formula E Digelar di Indonesia

VIDEO: Komentar Rio Haryanto Soal Balapan Formula E Digelar di Indonesia

- Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, telah menjajal Formula E di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Selasa (3/10/2017). Pebalap 24 tahun itu berkomentar soal balapan Formula E yang mungkin digelar di Indonesia.

"Akan menjadi salah satu impian saya untuk mengikuti balapan di Indonesia dalam ajang yang bergengsi," kata Rio Haryanto.

Rio menjalani dua sesi tes Formula E development car saat jeda makan siang pada hari kedua tes pramusim jelang musim keempat Formula E. Masing-masing sesi berlangsung selama 30 menit.

Seperti dilansir situs Autosport, Rio total melahap 30 lap dengan menggunakan mobil Spark SRT_01E versi terbaru. Spark SRT_01E merupakan mobil yang digunakan pada musim perdana Formula E dengan fitur mesin McLaren dan girboks Hewland lima kecepatan. Mobil tersebut kini biasanya digunakan untuk demonstrasi pada event Formula E.

Rio mengakui mobil Formula E sangat berbeda dengan jet darat F1. Karena itu, dia ingin mendapat kesempatan tes lagi dengan menjajal mobil salah satu dari 10 tim Formula E agar bisa merasakan sensasi mobil balap Formula E yang sebenarnya.

"Karena ini mobil yang benar-benar baru, cara mengendarainya saat mendekati tikungan sangat berbeda dengan mobil F1. Saya harus banyak fokus pada mechanical grip. Downforce-nya rendah dan cara mengendarai mobil ini saat melibas tikungan sangat berbeda karena harus lebih cepat. Karena tenaga mobil ini kurang besar, saya lebih banyak menjaga laju mobil pada kecepatan minimum," ujar Rio Haryanto.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 04 October 2017, 08:30 WIB

Tag Terkait


Video Terkait

Spotlights