Sukses


Jumpa Ganda Nomor 1 Dunia, Ini Taktik Tontowi / Liliyana

Bola.com, Paris - Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, bakal bertemu pasangan nomor 1 dunia asal China, Zheng Siwei/Chen Qingchen, pada final Prancis Terbuka Super Series 2017 di Stade Pierre de Coubertin, Minggu (29/10/2017). Laga ini merupakan ulangan final Indonesia Open dan Kejuaraan Dunia 2017 yang juga mempertemukan kedua pasangan. 

Skor pertemuan sementara diungguli Tontowi/Liliyana dengan kedudukan 2-1. Dua kemenangan terakhir terakhir diraih Tontowi/Liliyana di Indonesia Open dan Kejuaraan Dunia. 

Meski unggul dalam rekor pertemuan, Tontowi/Liliyana pantang lengah. Juara Olimpiade 2016 tersebut menyadari Zheng/Chen bukan lawan yang mudah. 

“Kami sudah sering bertemu Zheng/Chen, tetapi kami tetap mempelajari permainan mereka. Di final, kami ingin bermain seperti di semifinal, tenang dan fokus. Serta tidak panik kalau poin kami kesusul lawan,” kata Liliyana, mengenai strategi menghadapi laga final, seperti dilansir situs PBSI. 

Tontowi/Liliyana melaju ke babak final setelah kembali menaklukkan ganda China, Zhang Nan/Li Yinhui, dengan skor 21-18, 21-8. Sebelumnya di Denmark Terbuka Super Series Premier 2017, Tontowi juga menang dua gim langsung, 21-10, 21-16.

Meskipun sempat beberapa kali tertinggal di game pertama, Tontowi/Liliyana pelan-pelan mengumpulkan kembali kekuatan dan akhirnya menyusul bahkan mengambil alih kontrol permainan. Pada gim kedua, Tontowi/Liliyana semakin sulit untuk ditembus Zhang/Li, mereka unggul jauh hingga 16-8 dan sulit untuk dikejar.

Tontowi/Liliyana benar-benar tampil tenang dan penuh percaya diri menghadapi Zhang/Li. Hal inilah yang menjadi kunci kemenangan mereka.

“Seperti Cik Butet (Liliyana) pernah bilang, sepertinya Zhang/Li ini chemistry belum dapet, sedangkan kami tadi mainnya enjoy banget, kami sangat tenang di lapangan,” ujar Tontowi setelah pertandingan. 

Selain Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Indonesia juga meloloskan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu ke final Prancis Terbuka Super Series 2017. 

Video Populer

Foto Populer