Sukses


Kaleidoskop September 2017: Sepak Bola Nasional Berduka

Bola.com, Jakarta - Berbagai peristiwa olahraga, baik suka maupaun duka, terjadi sepanjang 2017. Sebelum memasuki 2018, Bola.com coba merangkum beberapa hal yang patut diingat, terutama pada September 2017.

Beragam peristiwa olahraga terjadi pada bulan ini. Mulai dari dalam negeri hingga luar negeri. Sebut saja pebalap Indonesia yang mendapat kesempatan emas turun pada sesi latihan bebas pertama F1 GP Singapura.

Dari dalam negeri, sepak bola nasional berduka setelah ada suporter yang meninggal saat menyaksikan pertandingan timnas Indonesia kontra Fiji di Stadion Patriot, Bekasi.

Bola.com secara bertahap mencoba merangkum sejumlah catatan dalam bentuk Kaleiodoskop per bulan sepanjang 2017. Berikut ini adalah rangkuman catatan tersebut yang masuk pada September 2017:

1 September 2017

Valentino Rossi mengalami kecelakaan motocross. Dia mengalami patah tulang tibia dan fibula sehingga harus menjalani operasi. Dia disebut harus absen 40 hari.

Sementara dari Paris, muncul berita kepindahan Kylian Mbappe dari AS Monaco ke Paris Saint-Germain. Pemain muda potensial milik tim nasional Prancis ini datang dengan status pinjaman selama satu musim.

2 September

Sepak bola nasional berduka. Suporter tim nasional Indonesia meninggal dunia setelah terkena petasan. Insiden ini terjadi saat Tim Merah Putih bersua Timnas Fiji di Stadion Patriot, Bekasi.

Korban bernama Catur Yuliantono (33 tahun), asal Duren Sawit, Jakarta Timur. Ia meninggal setelah terkena petasan roket yang dinyalakan dari tribune selatan dan mengarah ke tribune timur.

 

4 September

Pemain naturalisasi, Ezra Walian, resmi memperkuat Almere City. Pemain ini mengikat kontrak berdusari dua tahun dengan klub Belanda tersebut.

15 September

Pebalap Indonesia, Sean Gelael, mendapat kesempatan untuk turun pada sesi latihan bebas F1 bersama Toro Rosso. Sean Gelael turun pada sesi FP1 GP Singapura di Sirkuit Marina Bay.

Pada kesempatan ini, Sean Gelael menyudahi aksi perdana pada latihan bebas tersebut di posisi ke-18, mengungguli Marcus Ericsson dan Pascal Wehrlein.

23 September

Djoko Driyono resmi ditunjuk sebagai wakil Presiden AFF. Dia ditunjuk pada Kongres AFF ke-12 di Bali. Pada kongres itu juga, anggota AFF sepakat mendukung Indonesia dan Thailand untuk maju menjadi calon Piala Dunia 2034.

Selain itu, Andik Vermansyah juga mendapatkan penghargaan pada kongres ini. Pemain Selangor FA itu menerima penghargaan sebagai pencetak gol terbaik di Piala AFF 2016.

Pada hari ini juga Indonesia menyabet gelar juara umum Asean Para Games 2017. Kontingen Merah Putih meraih juara umum setelah mengoleksi 117 medali emas. Jumlah tersebut cukup untuk memupus asa tuan rumah, Malaysia yang mengumpulkan 89 emas.

 

24 September

Astra Honda Racing Team (AHRT) mengukuhkan diri sebagai juara tim pada ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) 2017 kelas Asia Production 250. Meski tak menempatkan pebalap mereka di podium pada ARRC India yang berlangsung 23-24 September 2017, AHRT tetap berjaya di klasemen tim.

28 September

Kegemilangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon pada 2017 berujung manis. Gelar demi gelar yang diraih sepanjang tahun 2017 mengantarkan mereka menuju posisi ganda putra nomor satu BWF.

Pada hari yang sama, kabar buruk menerpa tim nasional Argentina. Striker andalan mereka, Sergio Aguero, mengalami kecelakaan. Akibatnya, pemain Manchester City itu absen selama dua bulan.

30 September

Jonatan Rea menyegel gelar juara dunia World Superbike setelah memenangi balapan pertama di Magny Cours. Rea menjadi pebalap pertama dalam sejarah World Superbike yang berhasil menyabet gelar juara dunia dalam tiga musim beruntun.

Video Populer

Foto Populer