Sukses


Menpan RB: Atlet Berprestasi Kini Punya Masa Depan

Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur, berharap atlet-atlet yang berprestasi punya masa depan dan bermanfaat untuk negara.

Asman mengatakan, pihaknya bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan mengumumkan atlet yang bakal menjadi Pegawai Negeri Sipil PNS.

Asman membeberkan, semua syarat khusus atlet yang bakal menjadi PNS sudah hampir bisa dipastikan. Mereka akan mengumumkannya pada 17 Januari 2018.

"Kriteria-keiterianya nanti kita legalkan dalam bentuk peraturan menteri termasuk juga peraturan Menpora. Sehingga ke depan atlet-atlet yang berprestasi ini punya masa depan dan juga bermanfaat buat negara, bukan hanya untuk dirinya pada saat berprestasi," kata Asman, Senin (8/1/2018).

"Atlet juga bisa melakukan hal-hal yang terkait dengan tugas-tugas PNS yang nanti dia dapat di masing-masing unit kerja pada saat jadi PNS. Kita harapkan masa depannya lebih baik dan memberikan motivasi baru buat atlet-atlet yang ada sekarang," ujarnya menambahkan.

2 dari 3 halaman

Tak Tetapkan Kuota

Asman melanjutkan, dirinya tidak menetapkan kuota atlet yang bakal menjadi PNS. Hal itu tergantung kriteria yang diatur dalam Permenpora dan Permenpan.

"Tentu kriterianya adalah tingkat dunia medali apa yang diperoleh, ASEAN (medalinya) apa, kemudian nasional apa? Di situ nanti diatur dalam Permenpora dan Permenpan," ucapnya.

"Jabatan juga tergantung pendidikannya, sesuai dengan fokus dijadikan pegawai Kemenpora dulu. Nandi bisa saja didistribusikan ke daerah, provinsi, atau kabupaten kota," ujar Asman.

3 dari 3 halaman

Pacu Semangat Atlet

Sementara itu, dengan adanya peraturan ini, Menpora Imam Nahrawi optimistis bakal ada atlet-atlet muda semakin terpacu mengharumkan nama bangsa. Menpora juga ingin para atlet memanfaatkan Asian Games 2018 untuk merebut tiket menjadi PNS.

"Kita harapkan bisa memacu semangat berprestasi khususnya menjelang Asian Games nanti. Karena di Asian Games, selain fresh money juga mendapatkan bonus menjadi PNS karenanya momentum ini tidak boleh disia-siakan seluruh atlet," kata Menpora.

Video Populer

Foto Populer