Sukses


Tampil Memukau, Daniel Ricciardo Menangi Balapan F1 GP China

Bola.com, Shanghai - Pembalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo, memenangi balapan F1 GP China di Sirkuit Internasional Shanghai, Minggu (15/4/2018). Sementara Sebastian Vettel mengalami nasib apes.

Ricciardo tampil memukau balapan ini. Start dari posisi keenam, Ricciardo sebenarnya tak diunggulkan untuk menang. Apalagi dia melakukan start yang kurang bagus.

Namun, anggapan itu dia patahkan dengan performa apik di lintasan. Satu per satu pembalap disalipnya untuk berada di depan pada lap ke-46.

Ricciardo menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis. Dia menggungguli Valtteri Bottas yang menggeber mobil Mercedes. Sementara posisi ketiga ada pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen. 

Nasib sial dialami rekan tim Raikkonen, Sebastian Vettel. Dia menyelesaikan balapan di posisi kedelapan. Padahal dia mengawali balapan dengan penuh percaya diri.

Hasil ini tak lepas dari insiden yang menimpanya pada lap ke-43. Dia terlibat insiden dengan rekan setim Daniel Ricciardo, Max Verstappen, di tikungan ke-14. Mobil Verstappen menyenggol jet darat Vettel dan membuat keduanya melintir di lintasan. 

Verstappen pun mendapat hukuman 10 detik dari Race Direction atas insiden ini. Meski menyelesaikan balapan F1 GP China di posisi keempat, dia harus rela turun ke posisi kelima akibat sanksi itu. Posisinya diisi Lewis Hamilton yang pada balapan finis di posisi kelima. 

2 dari 2 halaman

Jalannya Balapan

Vettel melakukan start dengan baik. Dia berhasil mempertahankan posisi terdepan dari ancaman Raikkonen. Sial buat Raikkonen, dia justru melorot ke posisi empat.

Start bagus juga dibuat Verstappen. Pembalap Red Bull itu mampu menyalip Raikkonen dan Hamilton untuk menempati posisi ketiga di belakang Bottas.

Pada lap ke-21, Bottas dan Mercedes melakukan strategi pitstop yang brilian. Bottas mampu berada di depan Vettel saat keluar dari pitlane.

Meski demikian, Bottas tetap berada di posisi kedua. Posisi terdepan diisi Raikkonen yang belum melakukan pitstop untuk mengganti ban dan mengisi bahan bakar.

Persaingan sengit terjadi pada lap ke-27. Bottas berhasil menyalip Raikkonen dan berada di depan. Langkah Bottas diikuti Vettel yang kemudian menempati posisi kedua.

Pada lap ke-30, terjadi insiden yang melibatkan dua pebalap Toro Rosso, Brendon Hartley dan Pierre Gasly. Hartley menabrak mobil Gasly di tikungan ke-14. Alhasil, mobil safety car masuk ke lintasan karena ada serpihan dari mobil Hartley di dalam trek.

Kondisi ini membuat persaingan di depan menjadi memanas. Jarak antara Bottas dan Vettel menjadi kian dekat karena kehadiran safety car.

 

Persaingan sengit tak hanya terjadi dalam perebutan posisi pertama. Tiga pebalap juga terlibat pertarungan hebat dalam mengincar posisi ketiga. Mereka adalah Hamilton, Ricciardo, dan Verstappen.

Pada lap ke-40, Ricciardo melakukan manuver untuk menyalip Hamilton dan berjalan sukses. Tak lama berselang, giliran Verstappen yang melewati juara dunia F1 2017 itu.

Kejutan Ricciardo tak sampai disitu. Pada lap ke-42, giliran Vettel yang disalip pembalap asal Ausralia tersebut.

Insiden kembali terjadi di tikungan ke-14 pada lap ke-43. Kali ini melibatkan Vettel dan Verstappen. Mobil Verstappen menyenggol jet darat Vettel. Hasilnya, Vettel turun ke posisi tujuh. Sementara Verstappen tetap di posisi kelima.

Sementara itu, Ricciardo menempati posisi terdepan setelah menyalip Bottas di tikungan tikungan keenam pada lap ke-46. Hingga akhir balapan, Ricciardo tetap berada di depan. Sementara Bottas dan Raikkonen tetap menempati posisi kedua dan ketiga. 

Video Populer

Foto Populer