Sukses


Kejuaraan Asia: Ricky / Debby Ungkap Resep Singkirkan Unggulan Keenam

Bola.com, Wuhan - Ganda campuran Indonesia, Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto, melangkah ke perempat final Kejuaraan Asia Bulutangkis 2018 berkat kemenangan atas unggulan keenam asal Malaysia, Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai, 21-16, 26-24, di Wuhan Sport Center, Kamis (26/4/2018). 

Ketenangan dan keyakinan di lapangan menjadi kunci utama kemenangan pasangan yang baru diduetkan sejak awal 2018 tersebut. 

"Pertama harus yakin dulu. Status lawan unggulan atau bukan, kami harus yakin dengan kemampuan diri sendiri. Saya cuma sering mengingatkan Ricky untuk lebih kalem. Kalau dia tenang, permainan saat latihan keluar semua. Jadi dia juga lebih percaya diri dan enjoy," kata Debby selepas pertandingan, seperti dilansir situs PBSI. 

"Pemain Malaysia itu terkenal pertahanannya bagus, baik pemain putra atau putri. Jadi kami harus ekstra sabar, apalagi kalau bolanya berat, tambah tidak mudah mematikan lawan. Siapa yang lebih sabar, dia yang akan menang," jelas Debby. 

Ricky mengatakan mengubah pola permainan menjadi lebih pelan pada poin-poin akhir. "Padahal pada gim pertama sudah bagus. Pada akhir gim kedua, saya kembalikan lagi ke pola awal," kata Ricky ketika ditanya apa yang terjadi saat unggul dengan kedudukan match point 20-16. 

Pada perempat final, Ricky/Debby akan bertemu dengan kedua, yang juga wakil tuan rumah, Wang Yilyu/Huang Dongping. Ricky/Debby belum pernah bertemu dengan Wang/Huang sebelumnya. Namun, Debby pernah satu kali menang dan dua kali kalah atas Wang/Huang saat ia berpasangan dengan Praveen Jordan. 

"Secara permainan, saya sudah tahu Wang/Huang itu seperti apa, Ricky bisa pelajari juga lewat video pertandingan. Yang harus diwaspadai itu justru diri kami sendiri, harus lebih fokus. Saya dan Praveen atau dengan Ricky pola mainnya kurang lebih sama," kata Debby. 

Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto menjadi ganda kedua Indonesia yang lolos ke perempat final. Sebelumnya, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juga sudah memastikan langkah ke babak delapan besar. 

Video Populer

Foto Populer