Sukses


Susy Susanti Komentari Kegagalan Jonatan dan Anthony di Kejuaraan Asia

Bola.com, Jakarta - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti, mengatakan penyebab kekalahan Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting pada babak kedua Kejuaraan Asia Bulutangkis 2018, Kamis (26/4/2018), hampir sama. Keduanya sama-sama belum jeli dalam menerapkan pola permainan dan masih kurang matang di lapangan.

Anthony Ginting takluk dari bintang bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, dalam pertarungan tiga gim 21-16, 9-21, 11-21 . Adapun Jonatan Christie takluk dari pemain Hong Kong, Ng Ka Long Angus 19-21, 21-12, 15-21. 

Susy menyebut kekalahan Anthony cukup bisa dimaklumi karena secara secara peringkat dan pengalaman, Lee Chong Wei ada di atasnya. Namun, dia menyanyangkan kegagalan Jonatan karena sebenarnya peluang menang cukup terbuka. 

Menurut Susy, konsistensi masih menjadi pekerjaan rumah bagi para pemain muda Indonesia, termasuk  Jonatan dan Anthony. Selain itu, keduanya juga dinilai belum jeli memilih pola permainan saat menghadapi berbagai tipe pemain. 

"Kekalahan dari Lee Chong Wei harus dijadikan pelajaran yang sebaik-baiknya oleh Ginting (panggilan Anthony). Setelah ini, sudah saatnya Ginting naik. Dia harus lebih  konsisten dan mengasah kepercayaan diri," kata Susy, saat dihubungi Bola.com. 

"Ginting harus lebih konsisten. Harus pandai menerapkan pola permainan. Harus cerdik dan jeli menilai tipe permainan lawan, lalu menghadapinya dengan pola permainan bagaimana. Itu ciri kematangan seorang atlet, yang saat ini belum dimiliki sepenuhnya oleh pemain muda kita," sambung Susy. 

Terkait Jonatan, Susy menyatakan sang pemain semestinya punya kans mengalahkan Ng Ka Long Angus. Menurut Susy, problem yang dihadapi Jonatan hampir sama dengan Anthony. 

"Seharusnya ketika menghadapi lawan berbeda, bisa menerapkan taktik yang berbeda. Jika tak cocok dengan suatu strategi, coba terapkan taktik lain. Problem Anthony dan Jonatan mirip. Ini berhubungan dengan kematangan seorang atlet," kata Susy. 

Susy Susanti berharap Jonatan Chistie dan Anthony Sinisuka Ginting melakukan evaluasi atas kegagalan di Kejuaraan Asia Bulutangkis 2018. Apalagi, awalnya kedua pemain diharapkan minimal bisa melangkah hingga babak semifinal. 

 

Video Populer

Foto Populer