Sukses


BWF Pertahankan Sistem Skor 3 x 21 di Bulutangkis

Bola.com, Bangkok - Proposal Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) untuk mengubah sistem skor menjadi lima gim dengan 11 poin atau 5 x 11  tidak mendapat persetujuan dua pertiga anggota saat voting pada Pertemuan Umum Tahunan BWF di Bangkok, Thailand, Sabtu (29/5/2018). Skor pertandingan bulutangkis bakal tetap menggunakan sistem 3 x 21. 

Seperti dilansir situs BWF, total ada 252 anggota yang memiliki hak suara pada pertemuan tersebut. Saat pengambilan suara, sebanyak 129 anggota menyetujui proposal pergantian sistem poin tersebut. 

Namun, sebanyak 123 suara menolak rencana tersebut, termasuk Indonesia. Padahal, untuk memberlakukan aturan baru tersebut harus mendapat dukungan 168 suara.  

Proposal untuk membatasi peran pelatih di lapangan juga tidak mendapat dukungan suara mayoritas sehingga batal tidak diberlakukan. 

Sementara itu, proposal terkait aturan baru tinggi servis diterima atau mendapat dukungan dua pertiga suara. Dewan BWF mendapat mandat untuk melaksanakan dan mengawasi berbagai perubahan itu hingga 10 Desember.  

"Anggota kami berbicara dan kami menghormati keputusan mempertahankan sistem skor 21 dalam tiga gim, meskipun jelas proposal kami bergaung signifikan," kata Presiden BWF, Poul-Erik Høyer.

Indonesia punya alasan di balik penolakan sistem skor baru tersebut. 

“Indonesia menolak kebijakan tersebut. Karena kami ingin tetap membuat bulutangkis menarik bagi penonton dan juga pebisnis. Karena dengan skor 11, pertandingan kemungkinan akan lebih singkat dan penonton akan merasa rugi,” kata Achmad Budiharto, Sekjen PP PBSI.

“Alasan lainnya karena pemain kami sudah enjoy dengan sistem yang saat ini. Kalau ada yang harus berubah, cukup memberatkan karena harus beradaptasi lagi,” lanjut Budiharto. 

Video Populer

Foto Populer