Sukses


5 Fakta Menarik Terpilihnya Rusia Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2018

Bola.com, Jakarta Jutaan pasang mata penggemar sepak bola saat ini tertuju pada putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. 32 Tim Nasional (Timnas) bertanding untuk merebut predikat sebagai raja sepak bola di event empat tahunan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), tak terkecuali Timnas Rusia yang bertindak sebagai tuan rumah.

Sejak ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 oleh FIFA, negara dengan julukan Beruang Putih ini berkomitmen untuk mencetak sejarah, baik sebagai peserta maupun penyelenggara Piala Dunia FIFA yang sudah mencapai edisi ke-21. Kamis (2/12/2010) menjadi hari bersejarah bagi Rusia yang terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018. Persiapan pun dilakukan Rusia sejak 8 tahun silam.

Dari berbagai persiapan yang dilakukan, terdapat 5 fakta menarik terkait terpilihnya Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018. Apa saja fakta menariknya? Berikut ulasannya:

1. Telah dipilih sejak 9 tahun silam

Sejarahnya, pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2018 dimulai sembilan tahun silam. Tepatnya, pada 15 Januari 2009 ketika FIFA membuka kesempatan untuk negara Eropa jadi tuan rumah Piala Dunia 2018. Sesuai urutan benua, Piala Dunia 2018 memang menjadi jatah negara-negara di Eropa.

2. Rusia mengalahkan enam kandidat lain

Terdapat enam negara Eropa yang berminat sebagai penyelenggara Piala Dunia 2018, di antaranya Inggris, Rusia, kolaborasi Belanda dan Belgia, serta duet Portugal dan Spanyol. Sesuai keputusan hasil sidang, Rusia mengalahkan keenam kandidat negara penyelenggara Piala Dunia 2018 lainnya. Sidang penunjukan tuan rumah Piala Dunia 2018 ini hanya diikuti oleh 22 dari 24 anggota komite eksekutif, menyusul skors yang diberikan kepada dua anggota lainnya yang diduga terlibat skandal suap.

3. Terpilihnya Rusia berdasarkan dua kali voting

Keputusan sidang penunjukan tuan rumah Piala Dunia 2018 ditentukan oleh hasil voting yang dilakukan. Pada pemilihan putaran pertama, Inggris tereliminasi karena hanya mendapat dua suara. Sementara itu, Rusia memimpin dengan 9 suara diikuti Portugal/Spanyol yang mendapat 7 suara, dan Belgia dengan 4 suara. Namun, hasil tersebut belum mencapai final karena belum ada negara yang mendapat suara di atas 50 persen, maka dilakukan voting kedua.

4. Hasil voting Rusia memperoleh 13 suara

Pada pemilihan putaran kedua, Rusia mendulang 13 suara, diikuti Portugal dengan 7 suara dan Belgia/Belanda yang kehilangan 2 suara di putaran pertama, menjadi hanya memperoleh 2 suara. Dengan suara lebih dari 50 persen, maka Presiden FIFA, Sepp Blatter, saat itu mengumumkan Rusia sebagai tuan rumah pada 2 Desember 2010.

"Pada tahun 2018 dan 2022, kita akan menuju ke wilayah-wilayah baru, karena Piala Dunia belum pernah ke Rusia atau Eropa Timur," kata Presiden FIFA yang menjabat kala itu, Sepp Blatter.

Sebagai informasi, pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2022 digelar berbarengan pada saat itu juga, dimana Qatar berhasil terpilih sebagai tuan rumah.

5. Menjadi satu-satunya tuan rumah dari negara di Eropa Timur

Dalam sejarahnya, Benua Eropa memang telah 10 kali menjadi penyelenggara Piala Dunia. Namun, sebagian besar digelar di negara-negara dari Eropa Barat dan Selatan. Maka, terpilihnya Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 merupakan pertama kalinya sekaligus menjadi satu-satunya negara di Eropa Timur yang menyelenggarakan Piala Dunia.

Itulah beberapa fakta menarik dibalik terpilihnya Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018. Lalu, dari 32 negara peserta siapakah yang Anda jagokan untuk mencapai babak final dan meraih gelar juara Piala Dunia 2018?

Pastikan Anda tidak ketinggalan setiap pertandingan Piala Dunia 2018 yang dimulai dari 14 Juni - 15 Juli 2018. Ada 64 pertandingan yang digelar di 12 stadion yang tersebar di 11 kota di Rusia. Agar tidak ketinggalan pertandingan tim favorit, Anda bisa cek jadwal pertandingan Piala Dunia 2018 terlengkap melalui Traveloka. Jangan sampai ketinggalan!

 

 

(*)

Video Populer

Foto Populer