Sukses


Jelang Proliga 2019, Surabaya Samator Datangkan Pemain Asing Baru

 

Bola.com, Surabaya - Klub bola voli putra, Surabaya Bhayangkara Samator, mendatangkan satu pemain asing baru menjelang Proliga 2019. Pemain tersebut adalah Juan Andres Leon, open spiker asal Kuba.

Pemain berpostur 200 cm itu sudah sepekan terakhir bergabung latihan di Surabaya Samator. Dia mengaku sangat antusias menyambut musim perdana di Indonesia bersama sang juara bertahan Proliga.

“Saya tahu Samator merupakan salah satu klub kuat di Indonesia. Klub ini musim lalu juga menjuarai Proliga. Saya mencari informasi, dan ingin sekali merasakan Proliga bersama tim ini,” kata pevoli berusia 26 tahun itu saat ditemui Bola.com di Lapangan Voli Samator, Gresik, Jumat (23/11/2018) pagi.

Leon merupakan salah satu pemain muda potensial yang dimiliki Timnas Kuba. Dia pernah meraih gelar medali emas bersama tim asal negara Karibia itu pada Olimpiade Remaja Musim Panas 2010.

Pelatih Surabaya Samator, Ibarsyah Djanur Tjahjono menyebutkan kehadiran Leon akan sangat membantu timnya. Namun, dia merasa Leon masih belum menunjukkan performa terbaik selama latihan.

Ibarsyah membandingkan Leon dengan Rendy Tamamilang yang merupakan open spiker andalan timnya sekaligus pemain Timnas Indonesia. Menurutnya, kualitas Leon masih di bawah Rendy.

“Sejauh ini, kemampuannya sebagai open spiker tidak terlalu istimewa. Kalau dibandingkan, Rendy jauh lebih memiliki power. Tapi, Leon punya kemampuan service dan receive yang bagus,” terang Ibarsyah soal pemain baru Surabaya Bhayangkara Samator itu.

 

 

2 dari 2 halaman

Terus Dipantau

Dengan situasi itu, Leon sebenarnya bisa dipasang sebagai all-round yang membutuhkan kemampuan menyerang dan bertahan sama baiknya. Namun, Surabaya Samator sudah memiliki Rivan Nurmulki dan Samsul Kohar di posisi itu.

“Kalau digeser jadi all-round, dia harus bersaing dengan Rivan dan Samsul. Saya pikir, lebih baik tetap open spiker. Kami akan terus memantau dia apakah nanti perlu dibawa ke Proliga,” imbuh Ibarsyah.

Proliga 2019 bakal dimulai pada 7 Desember 2018 atau sekitar dua pekan lagi. Seri perdana sekaligus laga pembuka bakal digelar di GOR Among Rogo, Yogyakarta.

Video Populer

Foto Populer