Sukses


Pelatih Jelaskan Alasan Hanya Bawa Greysia / Apriyani ke Piala Sudirman 2019

Bola.com, Jakarta - Skuat Indonesia untuk Piala Sudirman 2019 hanya menyertakan satu wakil ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, serta satu pemain cadangan Ni Ketut Mahadewi Istarani. Pelatih ganda putri pelatnas, Eng Hian, menjelaskan alasan di balik keputusan tersebut. 

Di skuat Indonesia, tak ada ganda putri kedua Indonesia, Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris. Greysia/Apriyani kini duduk di peringkat lima dunia dan telah membuktikan mampu tampil stabil.  Pada tahun ini, Greysia/Apriyani berhasil mempertahankan gelar juara di turnamen level Super 500, India Terbuka 2019.

Eng Hian menilai saat ini hanya Greysia/Apriyani yang menunjukkan konsistensi dan prestasi. Ia ingin menurunkan wakil terbaik dari tim ganda putri.

"Hingga saat ini yang paling konsisten dan stabil hanya Greysia/Apriyani. Kalau saya pribadi, di ganda putri mau menurunkan yang terbaik. Semua pertimbangan membawa tiga pemain itu dilihat dari kebutuhan tim juga, yang terbaik untuk tim," ujar Eng Hian, seperti rilis dari PBSI, Kamis (9/5/2019). 

"Ketut dipilih masuk tim karena paling fleksibel. Dilihat dari performa dan permainan, dia bisa dipasangkan dengan siapa saja, termasuk dengan Greysia dan Apriyani. Kemungkinan mengubah kombinasi itu ada. Tapi, kalau keadaan darurat, saya pribadi tetap ingin menurunkan yang terbaik, berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya," jelas Eng Hian. 

Eng Hian mengatakan tak khawatir dengan kondisi Greysia/Apriyani jika harus diturunkan terus menerus hingga partai final. Ditambah lagi Greysia sempat mengalami bengkak pada tangan kanannya, sehingga harus mundur dari turnamen Selandia Baru 2019. 

"Menurut saya itu biasa, kan di pertandingan perorangan kalau main sampai final juga sampai lima kali kan?" ucap Eng.

"Sejauh ini kondisi Greysia sudah membaik, kemarin itu tangannya hanya terlalu banyak dipakai saja. Dia sudah ke dokter dan memang instruksi dokter diistirahatkan dulu tangannya. Maka sepulangnya dari Kejuaraan Bulutangkis Asia dia libur beberapa hari untuk memulihkan kondisi tangannya," beber Eng.

Piala Sudirman 2019 akan dimainkan di Nanning, China, pada 19-26 Mei 2019. Indonesia membawa 20 pemain yang terdiri dari 12 pemain putra dan delapan pemain putri. 

Video Populer

Foto Populer