Sukses


Menuju Olimpiade 2020: Lalu Muhammad Zohri Ucapkan Terima Kasih

Jakarta - Lalu Muhammad Zohri lolos ke kualifikasi Olimpiade 2020 yang akan berlangsung di Tokyo, Jepang. Kepastian itu diperoleh setelah sprinter muda Indonesia ini meraih posisi tiga nomor 100 meter pada kejuaraan Seiko Golden Grand Prix 2019 di Osaka, Jepang, Minggu (19/5/2019).

Pada Seiko Golden Grand Prix 2019, Lalu Muhammad Zohri membukukan catatan waktu 10.03 detik. Sedangkan limit untuk lolos ke Olimpaide 2020 adalah 10.05 detik untuk lari 100 meter.

Hasil yang didapat sprinter asal Nusa Tenggara Barat juga terasa istimewa. Sebab, di final ia bersaing dengan juara dunia asal Amerika Serikat, Justin Gatlin yang menjadi juara dengan waktu 10.00 detik. Sementara posisi kedua ditempati pelari Jepang, Kiryu Yoshihide, dengan 10.01 detik.

"Saya ucapkan terima kasih pada PB PASI serta jajarannya, masyarakat NTB, Pak Bob Hasan, coach Eni, coach Fadlin, coach Erwin, coach Farel, dan teman-teman semua. Terima kasih atas dukungannya," kata Zohri seusai pertandingan seperti dikutip dari Antara.

Sekjen Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Tigor Tanjung mengatakan, keikutsertaan Zohri dalam Seiko Golden Grand Prix 2019 di Tokyo, Jepang, tidak mudah. Butuh usaha keras karena catatan waktu sebelumnya 10.18 detik belum masuk hitungan.

Namun, PB PASI kembali melobi ke penyelenggara setelah catatan waktu Zohri menembus 10.13 detik. "Setelah Zohri merebut medali perak dengan catatan waktu 10.13 detik di Doha, saya desak kembali penyelenggara Seiko GP," ucap Tigor.

"Antara lain saya sebutkan Zohri hanya kalah dari sprinter Jepang Yoshinide di Doha (Yoshinide ikut bertarung di Seiko GP ini). Akhirnya mereka memberikan Zohri lintasan dan Zohri menjadi pelari undangan dalam Seiko GP ini," tambahnya.

Lalu Muhammad Zohri juga memecahkan rekor nasional lari 100 meter atas nama dirinya. Sebelumnya dalam Kejuaraan Asia di Doha, Qatar, Zohri yang meraih medali perak dengan catatan waktu 10,13 detik sukses memecahkan rekornas milik Suryo Agung (10.17 detik). 

Sumber: Antara/Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer