Sukses


Diikuti Legenda Bulutangkis Indonesia, Kudus Relay Marathon Dimeriahkan 6.000 Peserta

Bola.com, Kudus - Kemeriahan akan mewarnai lomba lari Tiket.com Kudus Relay Marathon 2019. Digelar di Kudus, Jawa Tengah, untuk kedua kali, lomba tersebut akan dimeriahkan 6 ribu peserta.

Adapun Kudus Relay Marathon 2019 bakal berlangsung di Kudus pada Minggu (25/8/2019). Panitia melombakan lima kategori, meliputi Relay Marathon, Half Marathon, 10K, 5K, dan Kids Fun Run.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus, H.M. Hartopo antusias menyambut hangat perhelatan Kudus Relay Marathon 2019. Menurutnya, penyelenggaraan ini dapat mengangkat Kudus sebagai sport tourism city dan menjadi tujuan wisata domestik maupun mancanegara.

"Melalui perlombaan ini, kami mengharapkan Kudus dapat menjadi referensi kunjungan bagi wisatawan, karena Kudus memiliki banyak kekhasan baik dari sisi pariwisata, kuliner maupun UMKM. Misalnya saja, dari sisi wisata, Kudus memiliki wisata religi di mana terdapat dua makam Wali Songo yaitu Sunan Kudus dan Sunan Muria," kata Hartopo di Kudus, Sabtu (24/8/2019).

"Sementara dari sisi kuliner, Kudus mempunyai makanan khas andalan seperti Soto Kerbau, Sate Kerbau, Jenang hingga Lentog. Sementara itu, dari sisi budaya, Kudus juga memiliki banyak sekali wisata budaya mulai dari tari-tarian tradisional hingga kerajinan bordir dan batik. Hal ini tentunya akan menambah nilai jual Kudus di mata wisatawan nasional dan internasional," tutur Hartopo.

 

2 dari 3 halaman

Jumlah Peserta Meningkat

Lomba Kudus Relay Marathon 2019 mengalami peningkatan jumlah peserta dibanding tahun sebelumnya. Selisihnya mencapai 500 pelari.

"Meningkatnya jumlah peserta ini merupakan kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan Tiket.com Kudus Relay Marathon yang sudah digelar sejak tahun lalu. Hal ini sejalan dengan komitmen tiket.com yang mendukung berbagai kegiatan olahraga di Indonesia," kata Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa

“Saya berharap, penyelenggaraan Tiket.com Kudus Relay Marathon 2019 bisa berdampak luas, tidak hanya dari sektor olahraga tetapi juga dari sisi pariwisata. Apalagi, Kota Kudus menyimpan banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata religi, kuliner hingga wisata budaya," imbuh Gaery.

Untuk mengenal potensi-potensi wisata dan budaya tersebut, Kudus Relay Marathon 2019 juga menjelma sebagai pesta rakyat yang menampilkan berbagai pertunjukkan budaya, tari-tarian tradisional, marching band, aksi barongsai serta festival kuliner, dan kerajinan dari pelaku UMKM di Kudus dan sekitarnya.

 

3 dari 3 halaman

Partisipasi Legenda Bulutangkis

Upaya meningkatkan Kudus sebagai kota sport tourism melalui Kudus Relay Marathon 2018 juga dilakukan dengan mengundang sejumlah legenda bulutangkis Indonesia untuk hadir menyemarakkan acara ini. Di antaranya ialah Hastomo Arbi, Hariyanto Arbi, Alan Budi Kusuma, Eddy Hartono, Christian Hadinata, Lius Pongoh, Sigit Budiarto, Denny Kantono, Rudy Herjanto Saputra, Kartono Hari Atmanto, Fung Permadi, Liliyana Natsir, Ivana Lie, Tontowi Ahmad hingga Liem Swie King.

Kehadiran para mantan atlet semakin menambah cita rasa Kota Kudus yang selama ini juga dikenal sebagai kota yang banyak menghasilkan legenda karena keberadaan klub PB Djarum.

Tak hanya hadir dan memberikan semangat bagi para pelari, salah satu legenda bulutangkis Indonesia yakni Liliyana Natsir juga ambil bagian sebagai runner di Kudus Relay Marathon 2019. Atlet yang baru saja gantung raket di awal tahun 2019 tersebut akan terjun di kategori 5K.

Para peserta Tiket.com Kudus Relay Marathon 2019 akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp189 juta dari seluruh kategori. Tahun ini akan ada hadiah spesial khusus untuk kategori Relay Marathon.

Selain mendapatkan medali finisher berbentuk puzzle, untuk para peserta yang berhasil menembus garis finis dengan catatan waktu cut of time tiap pelari 55 menit atau total 220 menit dihitung dari gun time di awal lomba berkesempatan memenangkan undian mengikuti Standard Chartered Singapore Marathon 2019 (SCSM 2019).M

Video Populer

Foto Populer