Sukses


Macam-macam Senam ini Bisa Bikin Hidup Sehat dan Tampil Lebih Percaya Diri

Bola.com, Jakarta - Senam merupakan salah satu cabang olahraga yang melibatkan beberapa gerakan tubuh serta membutuhkan kecepatan, kekuatan, serta keserasian gerakan fisik. Macam-macam senam tentunya memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh.

Senam bertujuan melatih tubuh dengan melakukan gerakan tertentu secara sengaja, sadar dan terencana, serta dilakukan secara sistematis.

Senam dapat membantu Anda untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan, serta menanamkan nilai mental spiritual kepada individu yang melakukannya.

Selain itu, senam juga akan membuat Anda tampil lebih percaya diri. Olahraga tersebut akan membuat Anda mengeluarkan banyak keringat, dan meningkatkan pembakaran lemak.

Apabila Ana melakukannya secara rutin setiap macam senam, maka akan membuat tubuh lebih ideal, sehingga dapat membuat Anda tampil lebih percaya diri.

Seiring berkembangnya era yang semakin modern, senam mengalami perkembangan cukup pesat, yakni semakin bertambahnya macam-macam senam.

Ada senam aerobik, senam artistik, senam pilates, senam irama, senam trampolin, senam akrobatik, dan lain sebagainya. Apabila telah mengetahui tentang cabang olahraga senam, maka berikut ini tim Bola.com akan menjelaskan tiga macam senam yang dapat membuat Anda tampil lebih percaya diri.

 

2 dari 5 halaman

12 Manfaat Senam Secara Umum

Olahraga senam pada dasarnya memiliki segudang manfaat bagi manusia, baik dari sisi kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani. Melakukan senam secara teratur akan membuat Anda memetik hasil positif seperti:

  1. Menurunkan berat badan
  2. Merawat kulit tetap sehat
  3. Menjaga kekuatan otot dan tulang
  4. Menjaga kelenturan sendi
  5. Meningkatkan stamina
  6. Menurunkan kolesterol
  7. Meningkatkan kelincahan tubuh
  8. Meningkatkan keluwesan tubuh
  9. Menjaga tubuh tetap ideal, sehat, dan bugar
  10. Menyehatkan jantung dan paru-paru
  11. Terhindar dari obesitas dan diabetes
  12. Mengurangi risiko osteoporosis

Tak hanya itu, senam dengan teratur juga bermanfaat dalam peningkatan jumlah volume darah, melancarkan aliran darah dalam tubuh.

 

3 dari 5 halaman

1. Senam Aerobik

Senam aerobik adalah olahraga yang menggerakkan tubuh secara beriringan dengan irama musik yang dilakukan dalam durasi waktu tertentu. Gerakan ini dilakukan untuk melatih otot-otot tubuh hingga denyut jantung. Berbeda dengan tarian, gerakan senam aerobik selaras namun tidak terpaku oleh musik yang mengiringinya.

Berkat melakukan senam aerobik ini, maka Anda bisa memetik sederet manfaat. Senam aerobik akan melatih kerja otot-otot yang ada dalam tubuh Anda agar menjadi lebih kuat.

Senam ini juga dapat melatih jantung, paru-paru dan aliran darah Anda akan dapat bekerja lebih efisien dan efektif. Aerobik juga dapat meningkatkan kelenturan tubuh Anda dengan adanya program kelenturan dan beberapa gerakan senam yang dilakukan.

 

4 dari 5 halaman

2. Senam Artistik

Senam artistik adalah salah satu cabang senam yang cukup populer. Bahkan jenis senam ini diperlombakan di ajang olahraga bergengsi sekelas Olimpiade.

Para atlet senam artistik terlihat memiliki tubuh yang lentur layaknya tidak memiliki tulang. Hal itu berkat rutinnya latihan senam, sehingga dapat melenturkan sendi dan menguatkan otot.

Senam artistik membutuhkan alat khusus, seperti alas lantai, kuda-kuda pelana, gelang-gelang, kuda-kuda lompat, palang sejajar, palang tunggal, palang bertingkat, dan juga balok keseimbangan.

 

5 dari 5 halaman

3. Senam Irama

Selain senam aerobik dan senam artistik, masih ada jenis lainnya, yakni senam irama. Jenis senam ini dilakukan dengan menggunakan gerakan bebas yang diiringi alunan musik atau alunan irama.

Jika Anda melakukan senam irama, maka akan ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan, seperti di bawah ini:

1. Menurunkan berat badan

Ketika Anda melakukan gerakan-gerakan pada senam irama, keringat otomatis keluar sehingga lemak dalam tubuh akan dibakar menjadi cadangan energi.

2. Mengencangkan tubuh

Selain menurunkan berat badan, senam ini juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki masalah dengan bagian tubuh bergelampir dan kendur, seperti lengan, paha dan betis. Apabila Anda melakukannya secara rutin, maka bagian paha, betis dan lengan yang menggelambir akan hilang, sehingga kulit menjadi kencang. Kok bisa? Ya, karena lemak dalam tubuh akan diolah menjadi tenaga, sehingga bagian yang bergelambir pun akan hilang dengan sendirinya.

Video Populer

Foto Populer