Sukses


7 Tips Senam Zumba bagi Pemula yang Harus Diketahui

Bola.com, Jakarta - Zumba merupakan salah satu jenis senam yang berfungsi membakar kalori secara efektif. Olahraga ini merupakan senam kebugaran yang dapat disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh masing-masing.

Senam zumba memiliki gerakan yang senada dengan irama musik yang mengiringi, serta dilakukan dalam durasi waktu tertentu. Gerakan tersebut dilakukan guna melatih otot-otot tubuh hingga denyut jantung.

Berbeda dengan tarian, gerakan senam zumba selaras namun tidak terpaku musik yang mengiringinya. Gerakannya lebih lincah dan cepat.

Senam zumba termasuk olahraga bersifat aerobik. Setiap olahraga yang dilakukan lebih dari 4 menit secara teratur dapat disebut sebagai olahraga aerobik, termasuk berenang, berlari, bersepeda, dan senam zumba.

Saking aktifnya bergerak, senam zumba punya segudang manfaat. Mulai dari menurunkan berat badan, membakar lemak dan kolestrol, menguatkan otot, tulang dan sendi, meningkatkan stamina, terhindar dari penyakit berbahaya, dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin memetik manfaat dari senam zumba, Anda perlu memerhatikan tips bagaimana melakukannya secara benar. Berikut ulasan selengkapnya.

 

2 dari 8 halaman

1. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Sangat penting untuk memakai pakaian yang lentur dan nyaman. Pakaian Anda harus ringan dan menyerap keringat. Jangan lupa untuk membawa handuk dan botol air ketika menghadiri kelas Zumba.

Untuk Anda yang berhijab, pakailah baju dan kerudung yang nyaman dan simpel. Tujuannya agar Anda lebih leluasa ketika melakukan senam zumba yang sangat lincah dan cepat.

 

3 dari 8 halaman

2. Pakai Sepatu Olahraga

Anda akan membutuhkan alas kaki dengan tapak rendah, karena akan membantu bergerak dengan mudah supaya tidak cedera. Sebaiknya, gunakan sepatu skets yang biasa dipakai berolahraga.

Sangat tidak dianjurkan bagi Anda melakukan sepatu dengan alas licin dan keras. Lebih baik pilihlah sepatu yang empuk dan kesat supaya tidak terpeleset. 

 

4 dari 8 halaman

3. Atur Jadwal Senam

Bagi Anda pemula, aturlah jadwal senam. Mulailah dua atau tiga kali dalam seminggu. Jangan dulu memaksakan tubuh.

Tubuh Anda perlu membangun stamina dan daya tahan untuk Zumba. Jadi menghadiri dua atau tiga kelas per minggu disarankan jika Anda baru memulai. Anda dapat menambah jumlah kelas yang Anda hadiri jika tubuh Anda sudah terbiasa.

 

5 dari 8 halaman

4. Jangan Makan Berat

Pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan berat sebelum melakukan senam zumba. Alasannya, supaya perut tidak sakit.

Anda perlu makan sesuatu yang ringan seperti kacang-kacangan atau buah-buahan sebelum menghadiri kelas Zumba. Sebab, Anda tetap harus mengisi tubuh sebelum latihan. Namun, sebaiknya makan dua jam sebelum kelas Zumba dimulai.

 

6 dari 8 halaman

5. Minum Air 20 Menit Sebelum Zumba

Sangat penting minum air sebelum Anda mulai kelas zumba agar tidak mengalami dehidrasi. Sebaiknya, minum air 20 menit sebelum kelas dimulai.

Namun Anda tidak perlu minum terlalu banyak alias secukupnya saja. Jika kebanyakan minum, perut akan terasa kembung dan sakit ketika dibawa gerak.

 

7 dari 8 halaman

6. Konsultasi dengan Dokter Terlebih Dahulu

Bagi Anda yang memiliki penyakit kronis seperti jantung atau asma, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengikuti kelas senam zumba, karena olahraga ini cukup aktif.

Dokter akan menyarankan seberapa lama tubuh Anda kuat melakukan senam zumba.

 

8 dari 8 halaman

7. Berlatih Rutin

Anda tidak akan memetik manfaat Zumba dengan maksimal jika hanya melakukannya satu atau dua kali. Tetapi perlu berlatih secara rutin.

Bagi pemula, awalnya Anda memang akan melakukan beberapa gerakan dengan salah. Tetapi seiring berjalannya waktu, Anda akan dapat menyelesaikan seluruh gerakan tanpa kesalahan.

Jika Anda ingin tetap bugar dan sehat, Zumba adalah pilihan yang sangat baik. Tidak ada batasan usia dan siapa pun dapat melakukan Zumba baik bagi anak-anak, remaja, atau orang tua.

Video Populer

Foto Populer