Sukses


5 Obat Batuk Alami yang Dapat Ditemukan di Dapur, Bikin Sembuh Lebih Cepat

Bola.com, Jakarta - Batuk adalah salah satu penyakit yang dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Penyakit yang satu ini kerap mengganggu aktivitas sehari-hari, sehingga harus segera diobati.

Terdapat dua jenis batuk ringan yang sering dialami banyak orang, yakni batuk kering disertai dengan rasa gatal di tenggorokan dan juga batuk berdahak. Dari kedua jenis tersebut, ada beberapa obat batuk yang berbeda.

Obat batuk mudah ditemui di mana saja, baik di apotek, maupun di minimarket terdekat. Namun kebanyakan adalah obat yang mengandung bahan kimia.

Tak perlu khawatir, Anda juga bisa meracik obat batuk alami hanya dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang dapat ditemukan di dapur. Tentunya bahan alami akan memberikan khasiat lebih bagi tubuh Anda.

Membuat obat batuk dari bahan tradisional sangat mudah. Selain ampuh mengatasi batuk dengan cepat, juga tanpa menimbulkan efek samping karena menggunakan bahan-bahan alami.

Berikut adalah bahan-bahan yang bisa dijadikan sebagai obat batuk alami tanpa menimbulkan efek samping.

 

2 dari 6 halaman

1. Obat Batuk Alami: Bawang Putih dan Bawang Merah

Bawang merah dan putih tentu bisa digunakan untuk meredakan batuk kering yang disertai rasa gatal pada tenggorokan. Kandungan phytochemical pada bawang merah dan antibateri pada bawang putih mampu mengatasi batuk dengan sangat ampuh.

Anda bisa mengonsumsinya secara mentah dibarengi dengan sayuran ketika makan supaya tidak mual karena baunya. Anda juga bisa mengolahnya sebagai jus.

Meski rasanya tidak enak, dua bahan dapur ini cukup ampuh untuk mengatasi batuk kering secara cepat.

 

3 dari 6 halaman

2. Obat Batuk Alami: Jahe dan Madu

Jahe menjadi salah satu tumbuhan yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, termasuk menjadi obat batuk alami. Banyak produksi obat-obatan yang memakai jahe sebagai bahan utama.

Jahe juga sering dijadikan sebagai minuman penghangat tubuh dan mampu meminimalisir mual akibat masuk angin.

Selain itu, jahe bermanfaat untuk meredakan batuk kering maupun berdahak dan gatal. Anda bisa meminum air rebusan jahe dan mencampurkannya dengan pemanis alami, seperti madu.

 

4 dari 6 halaman

3. Obat Batuk Alami: Lemon dan Jeruk Nipis

Lemon dan jeruk nipis menjadi salah satu buah yang kerap dijadikan sebagai obat batuk. Kedua bahan ini mengandung vitamin C tinggi dan antibakteri.

Kandungan lemon dan jeruk nipis tersebut mampu membasmi bakteri dalam tubuh yang menyebabkan tenggorokan gatal.

Anda bisa mengambil perasan air lemon dan jeruk nipis dengan dicampur satu sendok madu atau kecap. Kemudian diamkan supaya membasmi bakteri tenggorokan. Setelah 5 menit, minumlah air putih untuk meluruhkannya.

 

5 dari 6 halaman

4. Obat Batuk Alami: Kunyit dan Garam

Kunyit dan garam tentu sangat mudah ditemukan di dapur Anda. Anda bisa memanfaatkan kedua bahan ini sebagai obat apabila sedang terserang batuk, terutama batuh berdahak.

Kandungan antibiotik pada kunyit mampu mengatasi terjadinya peradangan pada saluran pernapasan. Anda harus memarut beberapa potongan kunit, kemudian peras dan ambil cairannya. Setelah itu, campurkan dengan satu sendok teh garam.

 

6 dari 6 halaman

5. Obat Batuk Alami: Asam Jawa dan Gula Merah

Bahan dapur yang bisa digunakan sebagai alternatif obat batuk alami adalah asam jawa dan gula merah. Keduanya memiliki khasiat untuk meredakan gatal pada tenggorokan.

Campurkan asam jawa dengan gula merah dan segelas air hangat. Kemudian minumlah dalam keadaan hangat-hangat kuku. Hal itu bertujuan untuk membunuh bakteri pada tenggorokan berkat kandungan yang ada dalam asam jawa.

Video Populer

Foto Populer