Sukses


5 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Tanpa Olahraga

Bola.com, Jakarta - Banyak orang mengidamkan berat badan ideal tanpa berolahraga. Terkadang meraka rela menempuh berbagai cara untuk menurunkan berat badan, mulai dari yang alami, hingga melakukan sedot lemak dan mengonsumsi obat diet.

Namun, dua metode terakhir berbahaya dan berisiko bagi kesehatan tubuh. Jika tak sempat berolahraga setiap hari, Anda bisa menurunkan berat badan dengan cara lain.

Akan tetapi, menurunkan berat badan tidak dapat dilakukan secara sembarangan, karena dikhawatirkan bisa menimbulkan masalah lain pada tubuh.

Menurunkan berat badan secara alami menjadi cara yang paling aman dan mudah dilakukan. Dengan cara alami, Anda tak perlu khawatir dengan efek samping berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Biasanya bagi mereka yang menerapkan program diet, berolahraga adalah cara ampuh membuang lemak atau kalori melalui keringat. Namun ternyata menurunkan berat badan bisa ditempuh meski tak sempat melakukan olah fisik secara rutin.

Lantas apa saja cara alami yang bisa Anda lakukan? Berikut tim Bola.com merangkum berbagai cara menurunkan berat badan dengan cepat tanpa berolahraga.

 

2 dari 6 halaman

1. Hindari Mengonsumsi Makanan Cepat Saji (Junkfood)

Makanan cepat saji atau junkfood memang tengah menjadi tren di era saat ini. Tetapi hidangan yang satu ini tidak baik bagi kesehatan tubuh, justru akan semakin menimbun lemak.

Anda harus menghindari makanan cepat saji jika ingin menurunkan berat badan secara efektif. Mengapa demikian? Junk food mengandung MSG tinggi yang dapat menaikkan berat badan secara drastis.

Sebagai gantinya, Anda bisa memilih makanan yang memiliki kandungan protein seperti telur, ayam maupun ikan.

 

3 dari 6 halaman

2. Minum Air Jeruk Nipis

Meminum air jeruk nipis dengan segelas air hangat dipercaya mampu menurunkan berat badan secara praktis. Alasannya, jeruk nipis mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, kalsium, fosfor, vitamin B1, karbohidrat, lemak, air, hingga zat besi.

Diet menggunakan jeruk nipis sebaiknya dilakukan secara terjadwal dan konsisten. Anda bisa meminum tiga gelas setiap harinya, yakni pagi, siang, dan menjelang tidur.

Cairan jeruk nipis ini mampu mendetoks semua kotoran dan racun dalam tubuh selepas bangun tidur dengan rutin buang air besar (BAB) setiap pagi.

Sebelumnya meminum ramuan ini, Anda harus memastikan terlebih dulu tidak memiliki masalah lambung, seperti asam lambung atau sakit maag.

 

4 dari 6 halaman

3. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memang menjadi sumber kebaikan dalam hidup. Selain bagus untuk kesehatan tubuh, air putih terkenal efektif untuk menurunkan berat badan. Setidaknya Anda harus meminum sekitar 1,8 liter atau 8-10 gelas air putih per hari.

Air putih kaya akan manfaat, seperti meningkatkan kinerja ginjal, membuang racun dalam tubuh, membuat kulit tampak cerah dan masih banyak fungsi lainnya.

 

5 dari 6 halaman

4. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Seseorang yang merasa berat badannya berlebih, sebaiknya perlu mengonsumsi sayuran dan buah-buahan secara rutin. Keduanya mengandung serat yang tinggi. Itulah alasannya sayur dan buah ampuh untuk menurunkan berat badan secara alami.

Dengan mengonsumsi makanan berserat, Anda tak hanya mampu menurunkan berat badan. Tetapi, Anda juga bisa memperlambat penyerapan gula, membantu proses detoksifikasi dalam tubuh, dan membersihkan saluran pencernaan.

Manfaat makanan kaya serat antara lain :

  • Membantu proses detoksifikasi dalam tubuh
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menurunkan kolesterol tinggi
  • Membersihkan saluran pencernaan
  • Melindungi tubuh dari penyakit usus besar
  • Menghindarkan endapan lemak pada pembuluh darah
  • Mengendalikan gula darah
  • Memperlambat penyerapan glukosa

 

6 dari 6 halaman

5. Hindari Makan dan Mengemil pada Malam Hari

Banyak orang kerap mengabaikan sarapan dan malah menganggap makan malam lebih penting. Hal itu sangatlah keliru.

Justru sebaiknya Anda harus memperbanyak porsi pada saat sarapan, karena berfungsi sebagai asupan energi selama seharian penuh, begitu juga dengan makan siang.

Info informatif lainnya.

Porsi makan siang harus lebih sedikit daripada sarapan. Lebih baik jika tidak makan pada malam hari. Hal itu dikarenakan aktivitas pada malam sudah selesai, sehingga Anda tidak perlu mengonsumsi makanan berat lagi.

Anda bisa menggantikan menu makan malam dengan sebuah apel. Atau jika memang ingin makan malam, jangan langsung tidur. Setidaknya tunggu sekitar 2-3 jam selepas makan.

Video Populer

Foto Populer