Sukses


Ragam Manfaat Kulit Jeruk, Bisa Turunkan Berat Badan dan Kulit Cantik

Bola.com, Jakarta - Jeruk merupakan salah satu jenis buah-buahan yang cukup digemari di berbagai penjuru dunia. Buah ini berbentuk bulat dan biasanya berwarna oranye, hijau atau kekuningan. Pohon jeruk biasanya dapat tumbuh besar dan rimbun, dengan buah yang berkumpul dan banyak.

Apabila dikupas, Anda langsung menyantap buahnya dengan rasa yang manis atau asam. Segudang manfaat jeruk tak diragukan lagi bagi kesehatan karena memiliki kandungan nutrisi tinggi.

Namun, tak hanya daging buahnya yang memiliki kandungan vitamin dan mineral, bagian lain dari jeruk pun dapat berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah kulit jeruk.

Mungkin Anda beranggapan kulit jeruk memiliki rasa yang pahit tidak seperti dagingnya. Namun, ternyata manfaat kulit jeruk tidak kalah daripada dagingnya.

Sama seperti dagingnya, kulit jeruk pun kaya vitamin, terutama C. Selain itu, kulit jeruk juga memiliki kandungan fitonutrien dan flavonoid lebih tinggi ketimbang daging buahnya.

Jika untuk kesehatan tubuh, kulit jeruk bisa diseduh layaknya teh maupun diolah menjadi permen. Sedangkan untuk kecantikan, Anda bisa mengoleskan kulit jeruk atau menghaluskannya menjadi masker. Lantas apa saja manfaat kulit jeruk?

Berikut adalah sederet manfaat kulit jeruk bagi kecantikan kulit dan kesehatan tubuh, seperti dirangkum dari Citrus BR, Senin (21/10/2019).

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kecantikan

1. Mencegah Penuaan

Kulit jeruk memiliki kandungan anti-oksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mengatasi keriput, sehingga ampuh mencegah penuaan dini.

Anda bisa menggunakan kulit jeruk sebagai toner wajah. Caranya yaitu campur satu sendok makan kulit jeruk yang telah dihaluskan, tambahkan madu secukupnya. Kemudian aduk sampai rata, dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

2. Memutihkan Gigi

Kulit jeruk adalah solusi bagi Anda yang kurang percaya diri dengan gigi menguning. Kulit jeruk mengandung senyawa d-limonene yang dapat mengurangi warna kuning pada gigi. Anda bisa menggosok bagian dalam kulit jeruk pada gigi selama 2-3 menit, kemudian bilas. Lakukan hal ini dengan teratur dua kali sehari untuk hasil yang lebih efektif.

3. Membersihkan Pori-Pori Kulit dan Mencegah Jerawat

Kulit jeruk dapat membersihkan pori-pori dari minyak dan kotoran. Sebab, kotoran dan minyak berlebih dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah dengan campuran yoghurt alami. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan setidaknya dua hari sekali.

4. Menyamarkan Garis Halus

Kulit jeruk mengandung asam sitrat yang mampu meningkatkan kecerahan kulit secara alami. Caranya, jadikan kulit jeruk sebagai masker dengan campuran susu, kemudian diamkan selama 15 menit. Bersihkan wajah dengan air biasa dan lakukanlah secara rutin.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kesehatan

5. Menurunkan Berat Badan dan Kolesterol

Vitamin C pada kulit jeruk dapat membantu seseorang yang ingin menurunkan berat badan secara alami. Anda bisa mengonsumsinya sebagai teh dengan dicampur madu sebagai pemanis alami.

Di sisi lain, kulit jeruk juga bisa mengurangi kolesterol dalam tubuh sehingga mencegah penyakit jantung dan stroke. Bahkan kulit buah jeruk juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Mencegah Kanker Kulit dan Paru-paru

Kandungan flavoniod dalam kulit jeruk membantu vitamin C supaya bisa bekerja secara efisien dan memperlambat perkemabangan sel kanker, khususnya pada kulit dan paru-paru. Kulit jeruk lebih efisien melawan sel kanker ketimbang buahnya.

7. Menghancurkan Batu Ginjal

Kulit jeruk dipercaya bisa membantu untuk menghancurkan batu ginjal. Kok bisa? Karena kulit jeruk mengandung D-limonene yang dapat melarutkan batu ginjal.

Kemudian kulit jeruk juga memiliki kandungan antiseptk dan antijamur, sehingga bisa membantu untuk menyembuhkan infeksi kemih atau infeksi ginjal.

Sumber: Citrus BR

Video Populer

Foto Populer