Sukses


5 Obat Radang Tenggorokan Alami dan Ampuh

Bola.com, Jakarta - Radang tenggorokan adalah rasa nyeri, iritasi, atau keringnya tenggorokan yang biasanya diakibatkan infeksi virus atau bakteri. Penyakit tenggorokan itu bisa menyerang semua orang, baik anak-anak hingga orang tua.

Radang tenggorokan terkadang disebabkan cuaca yang kurang bersahabatan, pola makan yang tidak sehat, dan lain sebagainya. Masalah kesehatan ini juga sering menjadi pertanda awal dari flu dan batuk.

Namun, sakit ini tidak boleh didiamkan dan harus segera diobati karena bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Selain itu, radang tenggorokan juga perlu diatasi supaya pita suara tidak terus menegang.

Anda bisa mengatasi radang tenggorokan dengan beragam cara, mulai dari ke dokter atau membeli obat-obatan di apotek. Tetapi cara tersebut dinilai kurang aman lantaran obat-obatan kimiawi akan membuat ketergantungan dan memberikan efek samping.

Sebenarnya Anda bisa menyembuhkan radang tenggorokan dengan cara alami dan dipercaya ampuh menghilangkan nyeri dengan cepat. Tentu cara tersebut tak perlu mengeluarkan biaya besar.

Berikut Bola.com merangkum obat radang tenggorokan secara alami dengan cepat tanpa mengeluarkan biaya mahal, beserta tips untuk mencegahnya.

 

2 dari 6 halaman

1. Obat Radang Tenggorokan: Kumur Air Garam

Air garam merupakan salah satu obat alami yang bisa diracik sendiri tanpa biaya mahal. Ramuan ini dipercaya ampuh mengatasi masalah di rongga mulut dan tenggorokan.

Berkumur air garam akan membantu membunuh bakteri di tenggorokan. Ramuan itu juga mampu mengurangi peradangan akibat infeksi. Di sisi lain berkumur dengan air garam bisa mengobati sakit gigi dan sariawan.

Caranya, Anda bisa mencampur satu sendok teh garam dengan segelas air hangat. Kemudian aduk sampai larut, dan kumur selama satu menit. Keluarkan, dan ulangi kumur air garam dengan beberapa kali secara rutin.

 

3 dari 6 halaman

2. Obat Radang Tenggorokan: Perasan Jeruk Nipis atau Lemon

Jus lemon atau jeruk nipis mampu menyembuhkan radang tenggorokan karena memiliki vitamin C yang tinggi yang juga baik untuk meredakan panas dalam. Tak hanya lemon, jenis jeruk lainnya juga ampuh mengobati sakit tenggorokan.

Sebut saja jeruk sunkiss. Jeruk tersebut memiliki kandungan anti-oksidan dan anti-bakteri. Mungkin Anda akan merasa sedikit perih saat cairan jeruk nipis atau lemon mengenai luka pada tenggorokan, tetapi justru hal itulah yang akan membuat luka sembuh dan bersih dari bakteri.

 

4 dari 6 halaman

3. Obat Radang Tenggorokan: Bawang Putih Mentah

Bawang putih mentah dapat mengatasi radang tenggorokan, Anda bisa mengunyah satu butir bawang putih mentah. Meski memiliki bau yang khas, bawang putih mampu mengatasi radang tenggorokan.

Bawang putih mengandung antibiotik yang bisa membantu menyembuhkan segala peradangan, termasuk pada tenggorokan.

Jika tak kuat dengan baunya, Anda bisa memakan permen pelega tenggorokan selepas mengonsumsi bawang putih. Selain semakin menyehatkan tenggorokan, permen pelega tenggorokan juga bisa menghilangkan bau tak sedap pada mulut akibat mengunyah bawang putih.

 

5 dari 6 halaman

4. Obat Radang Tenggorokan: Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang bisa menjadi alternatif obat sakit tenggorokan. Pisang memiliki tekstur yang lembut, sehingga tidak melukai tenggorokan.

Selain itu, buah ini juga mengandung kalium dan potasium baik bagi kesehatan. Buah ini akan lebih nikmat jika diolan dengan dikukus atau dipanggang, tetapi jangan digoreng lantaran minyaknya akan memperparah radang tenggorokan.

 

6 dari 6 halaman

5. Obat Radang Tenggorokan: Kunyit

Kunyit adalah salah satu bumbu masakan yang bisa dijadikan segabai obat radang tenggorokan secara alami. Kunyit banyak dijual di pasaran dengan harga yang relatif murah. Anda sebaiknya membuat ramuan kunyit murni sebagai jamu dan tidak tercampur dengan gula atau pemanis buatan.

Kunyit memiliki kandungan curcumin yang merupakan bahan aktif dan memiliki efek anti-peradangan yang cukup kuat, sehingga mampu mengatasi radang tenggorokan. Menurut dokter di UCLA, kunyit dapat memblokir enzim yang mendorong pertumbuhan kanker di kepala dan leher.

Pusat Medis Universitas Maryland juga meneliti bahwa sifat antioksidan curcumin dalam kunyit mampu memerangi radikal bebas, sehingga terhindar dari berbagai penyakit kronis.

Video Populer

Foto Populer