Sukses


5 Manfaat Kencur Bagi Kesehatan, Bisa Atasi Cedera

Bola.com, Jakarta - Kencur adalah salah satu tanaman herbal yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Namun, kencur bukan hanya bermanfaat sebagai penyedap masakan, tetapi juga bisa digunakan sebagai obat-obatan alami.

Kencur atau kaempferia berasal dari India dan kini telah menyerbar ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Kencur juga merupakan salah satu jenis rempah-rempah.

Tanaman kencur hampir mirip dengan kunyit dan jahe. Tetapi ketiganya memiliki aroma dan manfaat yang berbeda. Di Indonesia, kencur, jahe, dan kunyit menjadi salah satu bahan jamu guna menjaga kesehatan tubuh.

Selain itu, kencur bisa dikonsumsi secara langsung, diolah menjadi serbuk, dan menjadi minyak pijat. Jamu kencur yan terkenal adalah beras kencur. Obat herbal ini biasanya dikonsumsi untuk menambah nafsu makan anak-anak.

Sementara di Bali, kencur dipakai sebagai campuran urap. Kencur juga banyak dipakai sebagai bahan pembuatan kosmetik, penyedap rasa makanan atau minuman, dan rempah-rempah.

Mau diolah sebagai apapun, kencur tetap memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Obat herbal ini memiliki rasa manis dan segar sehingga bisa dikonsumsi oleh siapa pun, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

1. Manfaat Kencur: Menambah Nafsu Makan

Manfaat kencur yang sudah terkenal yaitu dapat menambah nafsu makan. Untuk penambah nafsu makan biasanya dikonsumsi sebagai jamu beras kencur. Ramuan jamu ini merupakan campuran dari kencur, beras, gula merah, dan asam jawa.

Jamu beras kencur tidak mengenal usia, sehingga aman dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa. Bagi anak-anak, jamu beras kencur dapat menambah nafsu makan karena memiliki sifat carminative yang bisa menambah nafsu makan. Sedangkan pada orang dewasa, jamu ini bisa menjadi penambah stamina tubuh.

 

3 dari 6 halaman

2. Manfaat Kencur: Mengobati Flu dan Batuk

Influenza atau flu dapat diobati dengan mengonsumsi kencur sebanyak dua kali sehari. Jika tidak sempat mencari jamu kencur atau memarutnya, Anda bisa menggeprek kencur yang telah dibersihkan. Setelah itu rendam dengan air panas, dan minumlah apabila airnya sudah hangat kuku.

Selain itu, kencur juga dapat mengobati batuk ringan. Hal ini dikarenakan banyaknya nutrisi yang dikandung oleh kencur, termasuk antibakteri yang mampu membasmi virus atau kuman penyebab batuk dan pilek atau flu.

4 dari 6 halaman

3. Manfaat Kencur: Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat kencur berikutnya adalah dapat mengobati penyakit kulit dan menjaga kesehatan kulit. Manfaat ini tentunya bisa didapat karena sifat anti-radang dan antibakteri yang dimiliki kencur.

Tanaman kencur terbukti ampuh menyembuhkan luka luar, misalnya akibat jatuh. Kenjur juga bisa dijadikan sebagai perawatan wajah berjerawat. Selain itu, tumbuhan herbal ini dipercaya mampu untuk mengontrol minyak berlebih, menghaluskan, hingga mengencangkan kulit.

Cara menggunakan kencur untuk kesehatan kulit sangatlah mudah. Anda hanya perlu memarut kencur atau menghaluskannya, kemudian oleskan pada kulit layaknya masker atau lotion.

5 dari 6 halaman

4. Manfaat Kencur: Mengatasi Diare

Kencur bermanfaat sebagai obat diare alami. Hal ini dikarenakan kencur memiliki kandungan zat antibakteri dan sitotoksik cukup tinggi. Selain mengatasi diare, tanaman herbal ini juga dipercara dapat mengurangi gejala nyeri perut lainnya, seperti maag.

Cara meracik kencur menjadi obat diare adalah dengan menumbuk kencur dan dua siung bawang merah hingga halus. Setelah itu, bungkus dengan daun pisang dan bakar sampai hangat. Tetapi ramuan ini tidak baik diminum, tetapi cukup dioleskan ke perut.

Baca juga: 14 Manfaat Kencur untuk Kesehatan

6 dari 6 halaman

5. Manfaat Kencur: Obat Cedera

Kencur dipercaya dapat mengatasi berbagai macam nyeri, termasuk cedera otot. Bahkan di Indonesia, kencur sejak zaman dulu digunakan sebagai obat nyeri pada bagian yang keseleo.

Manfaat kencur sebagai obat anti nyeri lainnya juga dijadikan sebagai obat sakit gigi, nyeri sendi, nyeri dada, nyeri perut, hingga sakit kepala. Kencur bisa dikonsumsi secara langsung atau pada kasus seperti nyeri sendi, ekstrak kencur bisa berupa minyak esensial yang bisa dijadikan minyak gosok atau pijat untuk meredakan nyeri.

Video Populer

Foto Populer