Sukses


6 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bisa Mencegah Stroke

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda gemar mengonsumsi kacang tanah? Ya, kacang tanah ini merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya zat baik bagi kesehatan tubuh.

Namun sayangnya masih banyak orang yang keliru dengan dampak dari kacang tanah. Masih banyak orang mengira kacang tanah bisa menambah berat badan dan menimbulkan jerawat.

Padahal beberapa penelitian membuktikan kacang tanah bermanfaat bagi kesehatan tubuh, bahkan baik dikonsumsi bagi mereka yang ingin diet.

Sebuah studi dari University Health menemukan mengonsumsi kacang secara teratur dapat memperkuat frekuensi gelombang otak yang berhubungan dengan kognisi, penyembuhan, pembelajaran, memori, dan fungsi otak lainnya.

Kacang tanah memiliki nama latin Arachis hypogeaea L yang termasuk ke dalam golongan suku Fabaceae. Kacang tanah mulai tumbuh di negara Amerika bagian selatan. Namun, jenis kacang yang satu ini sudah banyak dibudidayakan di berbagai belahan Indonesia.

Kacang tanah mudah ditemukan di pasaran dengan harga relatif murah. Kacang tanah juga bisa diolah menjadi berbagai makanan dan cemilan, mulai dari kacang rebus, kacang goreng, hingga bumbu sambal kacang.

Berikut adalah manfaat kacang tanah untuk kesehatan dan kecantikan, seperti dirangkum dari Science Daily dan Health Line, Jumat (8/11/2019).

 

2 dari 7 halaman

1. Manfaat Kacang Tanah: Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Kacang tanah memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin E, asam folat, protein, mangan, biotin, serat, magnesium, lemak tak jenuh tunggal, serta kaya antioksidan. Kandungan tersebut berperan penting untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, kandungan asam oleat dalam kacang tanah juga mampu menjaga kesehatan jantung, sehingga dapat menurunkan risiko kardiovaskular, sehingga dapat mencegah penyakit jantung koroner. Namun, Anda harus mengonsumsi kacang rebus, bukan digoreng.

Kacang tanah juga mengandung asam lemak tak jenuh yang mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kandungan ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab penyakit jantung dan stroke. Namun dengan mengonsumsi kacang tanah, Anda bisa menurunkan risiko penyakit tersebut.

 

3 dari 7 halaman

2. Manfaat Kacang Tanah: Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang keliru dan menganggap kacang tanah dapat menambah berat badan tentu perlu diluruskan. Kacang tanah sebenarnya bisa membantu seseorang untuk menurunkan berat badan, karena makanan ini akan membuat perut mudah kenyang dalam jangka waktu cukup lama.

Rasa kenyang itu tentu akan menahan rasa lapar. Selain memberikan rasa kenyang, makanan ini juga mengandung serat tidak larut, sehingga sangat baik bagi Anda yang ingin diet menurunkan berat badan.

Selain mengonsumsi kacang rebus, Anda juga bisa mengonsumsinya sebagai selai. Lakukan cara ini setiap pagi hari dan mengoleskan selai kacang pada roti gandung guna mengoptimalkan proses penurunan berat badan.

 

4 dari 7 halaman

3. Manfaat Kacang Tanah: Mengatasi Diabetes

Tahukah Anda kalau kacang tanah dapat membantu mengatasi diabetes? Ya, kacang tanah bermanfaat sebagai asupan nutrisi untuk mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Beberapa penelitian menemukan kacang tanah bermanfaat menurunkan kadar gula darah.

Manfaat ini telah terbukti karena kacang tanah mengandung senyawa mangan yang bisa menyerap kelebihan kalsium maupun glukosa. Sehingga Anda bisa menurunkan risiko penyakit diabetes dengan mengontrol gula darah hanya dengan mengonsumsi kacang tanah rebus secara rutin.

 

5 dari 7 halaman

4. Manfaat Kacang Tanah: Meningkatkan Kinerja Otak

Science Daily melaporkan mengonsumsi kacang secara teratur dapat meningkatkan kinerja otak. Selain itu, jenis kacang-kacangan ini juga dapat meningkatkan daya ingat.

Manfaat ini dikarenakan adanya kandungan niacin dan resveratol yang dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah ke otak, sehingga dapat meningkatkan kemampuan daya ingat. Kacang tanah juga mampu meningkatkan kosentrasi atau melatih fokus. Di sisi lain, kacang tanah dipercaya dapat mengatasi gangguan tidur dengan memberi relaksasi pada otak.

 

6 dari 7 halaman

5. Manfaat Kacang Tanah: Menghilangkan Stres dan Depresi

Kacang tanah memang baik bagi kesehatan tubuh maupun mental. Makanan ini dipercaya ampuh untuk menghilangkan stres dan depresi berlebih. Gangguan tersebut biasanya dipicu oleh berbagai faktor genetik, perubahan atau paparan lingkungan, serta gangguan neurologis yang disebabkan oleh paparan bahan kimia dalam otak.

Namun tak perlu khawatir, sebab kacang tanah memiliki kandungan triptofan asam animo. Senyawa itu mampu memberikan manfaat untuk pembentukan serotonin guna membentuk suasana hati yang lebih postitif.

 

7 dari 7 halaman

6. Manfaat Kacang Tanah: Mempercantik Kulit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, masih banyak orang menilai kacang tanah bisa menimnbulkan jerawat. Namun sebenarnya makanan ini dapat mempercantik kulit.

Baca juga info terkait di sini.

Bahkan, sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan ekstrak kacang tanah. Sebab, makanan ini mengandung vitamin E cukup tinggi guna mengurangi garis atau kerutan pada kulit, sehingga Anda akan terlihat awet muda. Kandungan riboflavin dan vitamin B pada kacang tanah juga akan membuat kulit lebih bersinar.

Sejumlah kandungan dalam kacang tanah juga bisa membantu Anda terbebas dari bahaya radikal bebas atau efek bahan kimia. Caranya, Anda bisa menghaluskan kacang tanah menjadi masker.

Video Populer

Foto Populer